Lokasi Monumen Didi Kempot, FX Rudy: Bisa di Stasiun Balapan Atau Tirtonadi

Chandra Iswinarno
Lokasi Monumen Didi Kempot, FX Rudy: Bisa di Stasiun Balapan Atau Tirtonadi
Didi Kempot (Suara.com)

Untuk merealisasikannya tentunya perlu dibuat rancangannya terlebih dahulu. Termasuk untuk petisi yang diperlukan sebelum dibuatkan monumen.

SuaraJawaTengah.id - Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo berencana mengusulkan pembuatan monumen untuk mengenang seniman musik Didi Kempot yang berpulang pada Sabtu (5/5/2020) silam.

Pria yang akrab disapa Rudy ini, juga mengusulkan kepada pemerintah pusat untuk memberikan penghargaan kepada maestro musik campursari ini. Sebab, Rudy menilai, jika hanya membuatkan monumen, penghargaan tersebut terasa kurang.

Dia mengemukakan, anugrah yang diberikan harusnya bersifat nasional. Untuk itu, pihaknya sudah mengirimkan surat kepada Kementerian Sosial agar memberikan penghargaan kepada Didi Kempot yang menurut Rudy talentanya luar biasa.

”Talentanya luar biasa. Terbukti legasi yang ditinggalkan baru-baru ini dengan konser di rumah bisa mengumpulkan dana Rp 5 miliar dalam waktu tiga jam saja. Ini baru satu-satunya mas Didi Kempot yang melakukan,” ucap Rudy saat ditemui di Balai Kota Solo, Jawa Tengah (09/05/2020).

Selain itu seniman sekelas Didi Kempot perlu mendapatkan penghargaan ini. Sebab Didi Kempot bukan penyanyi dan pencipta lagu yang kelasnya lokal, melainkan sudah berkelas internasional.

"Buktinya orang Amerika saja menyanyikannya," kata dia.

Terkait dengan monumen, Rudy merencanakan membuatnya di tempat yang melekat dengan Didi Kempot. Bisa dibuat di Stasiun Balapan Solo ataupun Terminal Tirtonadi Solo atau tak menutup kemungkinan di Taman Jurug. Sebab ketiga tempat itu yang disebut dalam lagu yang dinyanyikan Didi kempot.

Namun untuk merealisasikannya tentunya perlu dibuat rancangannya terlebih dahulu. Termasuk untuk petisi yang diperlukan sebelum dibuatkan monumen.

"Kami sudah pikirin ke sana. Kami akan bicarakan dengan tokoh-tokoh seniman dan budayawan sebaiknya bagaimana," kata dia.

Kontributor : Rara Puspita

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS