Ratusan Ilmuwan Desak WHO Cabut Rekomendasi, Sebut Corona Tersebar di Udara

Risna Halidi
Ratusan Ilmuwan Desak WHO Cabut Rekomendasi, Sebut Corona Tersebar di Udara
Logo Organisasi Kesehatan Dunia, WHO. [AFP]

Ratusan ilmuwan mendesak Organisasi Kesehatan Dunia, WHO untuk segera meralat rekomendasi mereka terkait virus corona Covid-19.

SuaraJawaTengah.id - Ratusan ilmuwan mendesak Organisasi Kesehatan Dunia, WHO untuk segera meralat rekomendasi mereka terkait virus corona Covid-19.

Sebelumnya, WHO mengungkapkan bahwa virus corona penyebab sakit Covid-19 menyebar lewat droplet atau percikan cairan dari orang yang terinfeksi.

Pernyataan tersebut kemudian dibantah oleh banyak ilmuwan yang mengaku telah memiliki bukti bahwa virus corona Covid-19 dalam partikel yang kecil dapat berada di udara dan menginfeksi orang.

Dalam surat terbuka kepada badan tersebut, yang rencananya bakal diterbitkan di jurnal ilmiah pekan depan oleh para peneliti, disebutkan 239 ilmuwan di 32 negara menggarisbawahi bukti yang menunjukkan bahwa partikel yang lebih kecil mampu menginfeksi orang, lapor NYT.

Dikutip dari Antara, hingga saat ini WHO tak langsung menanggapi permintaan media untuk berkomentar. Namun badan kesehatan itu mengatakan bahwa bukti virus dapat bertahan dan berada di udara tidak meyakinkan.

"Secara khusus dalam beberapa bulan terakhir, kami berulang kali menyatakan bahwa kami menganggap penularan melalui udara sebagai hal yang mungkin, namun tentu saja tidak didukung oleh bukti yang kuat bahkan jelas," kata Dr. Benedetta Allegranzi, kepala teknis pencegahan dan pengendalian penyakit WHO.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS