alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Masuk Ke Jateng, Wisatawan dan Pemudik Tak Perlu Bawa Surat Rapid Test

Budi Arista Romadhoni Senin, 26 Oktober 2020 | 14:07 WIB

Masuk Ke Jateng, Wisatawan dan Pemudik Tak Perlu Bawa Surat Rapid Test
Kendaraan dari arah Jakarta memasuki Tol Kalikangkung, Kota Semarang. (Suara.com/Dafi Yusuf)

Puncak arus mudik libur panjang ini diprediksi akan terjadi pada Rabu (28/10/2020), tak ada aturan masuk ke Jateng harus melakukan rapid test dulu

SuaraJawaTengah.id - Dinas Perhubungan Jawa Tengah menyebut tak ada pembatasan bagi pemudik maupun wisatawan yang masuk di wilayah Provinsi Jawa Tengah pada libur panjang pada 28 Oktober hingga 1 November 2020 mendatang. 

Namun, sejumlah antisipasi sudah dilakukan, salah satunya rapid test massal secara acak di pintu tol hingga tempat wisata. 

"Tidak ada pembatasan bagi pemudik maupun wisatawan yang datang ke Jateng," Kata Kepala Dinas Perhubungan Jateng Satriyo Hidayat, Senin (26/10/2020).

Selain itu, para wisatawan juga tak diwajibkan membawa hasil rapid test ketika berwisata di Jateng. Meski demikian ia tetap menghimbau kepada masyarakat agar tetap patuh pada protokol kesehatan ketika memasuki wilayah Jateng.

Baca Juga: Kalahkan DKI, Jateng Jadi Provinsi Terbaik Pengendali Inflasi Daerah

"Namun, pengunungan juga harus mematuhi protokol kesehatan juga," ucapnya. 

Meski tak diwajibkan membawa surat hasil rapid test, pihaknya mengaku telah melakukan koordinasi dengan Dinas Kesehatan Jateng untuk melakukan rapid test secara sampling. 

"Pelaksanaannya akan dikonsentrasikan di Gerbang Tol Kalikangkung," imbuhnya. 

Bahkan, pihaknya dengan Dinkes Jateng  akan melakukan tes cepat Covid-19 di sejumlah obyek wisata di Dusun Semilir, Owabong, Tawangmangu dan Borobudur akan dilakukan test PCR. 

"Akan ada mobil PCR di beberapa tempat wisata itu," ucapnya. 

Baca Juga: Anggota KPU Wonogiri Ditemukan Meninggal di Hotel, Ini Penjelasan Polisi

Sementara itu, Direktur Teknik PT Jasamarga Semarang-Batang Abdul Rokhim memprediksi puncak volume lalu lintas (lalin) untuk arus mudik  pada hari Rabu (28/10/2020). Kemudian prediksi untuk puncak arus balik terjadi pada hari Minggu (1/11/2020).

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait