alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Widodo Bangkit dari HIV, hingga Layani Ratusan Orang Senasib

Budi Arista Romadhoni Selasa, 01 Desember 2020 | 07:44 WIB

Widodo Bangkit dari HIV, hingga Layani Ratusan Orang Senasib
Widodo ketika mengisi seminar di Kota Semarang (suara.com/DariYusuf) 

Menjalani hidup berantakan, saben hari dia mengonsumsi minuman keras di sebuah diskotik dan sering menyewa PSK, hingga akhirnya didiagnosis terinfeksi virus HIV

SuaraJawaTengah.id - Kehidupan Widodo (62) benar-benar berubah setelah berpisah dengan istri tercintanya. Setelah itu, Widodo mulai gelap mata. Dia memasuki dunia yang belum pernah ia sentuh sebelumnya hingga paling buruk adalah terjangkit virus HIV yang terkenal mematikan. 

Tepatnya pada tahun 1993, dia mulai menjalani hidup berantakan. Saben hari dia mengonsumsi minuman keras di sebuah diskotik. Tak jarang Widodo pulang ke rumah berbarengan dengan suara adzan subuh. 

Karena kesepian, Widodo mulai coba-coba untuk mengonsumsi narkoba jenis cimeng. Awalnya dia hanya penasaran. Namun, tak lama kemudian dia mulai ketagihan dan akhirnya dia juga mulai mengonsumsi sabu-sabu saat tinggal di Jogja. 

Pada tahun 2006, Widodo pindah ke Kota Semarang. Di tempatnya yang baru dia tak hanya mengonsumsi narkoba. Namun, ia juga mulai sewa PSK di salah satu lokalisasi terbesar di Kota Semarang. 

Baca Juga: Alasan Kenapa Pasien dengan HIV AIDS Kerap Alami Bintil di Kulit

Namun, di tahun yang sama pula dia mendapatkan getahnya. Widodo didiagnosis terinfeksi virus HIV. Meski dia mengakui kerapkali berhubungan badan dengan PSK, Widodo tak mau menuduh jika dia tertular dari PSK yang pernah melayaninya. 

"Sampai sekarang saya tak tau dari siapa saya bisa tertular. Saya tak mau menduga-duga," jelasnya kepada suara.com beberapa waktu yang lalu. 

Sejak terinfeksi virus HIV kesehatan Widodo benar-benar turun secara signifikan. Tahun pertama berat badannya sekitar 32 kilogram. Bahkan dia merasa tak sanggup lagi untuk berjalan jauh. 

"Saya hanya sanggup berjalan sepuluh langkah saat itu," ujarnya. 

Awalnya dia tak percaya jika terinfeksi virus HIV. Dia meminta penjelasan dokter yang merawatnya untuk menjelaskan penyakit yang dia derita. Hampir satu tahun, Widodo opname di rumah sakit. 

Baca Juga: Dari Margburg hingga Influenza, Berikut 5 Virus Paling Mematikan di Dunia!

"Hampir setiap hari saya habiskan empat kantong darah," imbuhnya. 

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait