alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Kemratak! Fenomena Hujan Es Terjadi di Purwokerto

Budi Arista Romadhoni Sabtu, 10 April 2021 | 18:42 WIB

Kemratak! Fenomena Hujan Es Terjadi di Purwokerto
Hujan butiran es sebesar batu kerikil yang melanda wilayah Kelurahan Bancarkembar, Kecamatan Purwokerto Utara, Kabupaten Banyumas, Jumat (10/4/2021). [ISTIMEWA]

Hujan es dengan bentuk seperti butiran krikil terjadi di Purwokerto

SuaraJawaTengah.id - Warga Kelurahan Bancarkembar, Purwokerto Utara, Kabupaten Banyumas digegerkan dengan fenomena hujan es. Berdasarkan informasi dari warga setempat hujan sebesar butiran kerikil.

Waktu kejadian fenomena hujan es, disertai juga hujan dengan intensitas tinggi dan angin besar.

Budi (57), warga RT 08 RW 11, Kelurahan Bancarkembar, Kecamatan Purwokerto Utara, mengatakan kejadian tersebut sekitar pukul 15.45 WIB.

"Waktu kejadian bunyinya lumayan keras. Atap saya seperti dilempari batu kerikil kecil. Bahasa jawanya ya kemratak," katanya kepada Suara.com, Sabtu (10/4/2021) petang.

Baca Juga: Lucu! Ibu Peserta Wisudawan Unsoed Ini Berkumis, Warganet: Mirip Iis Dahlia

Kejadian tersebut menurutnya berlangsung tidak begitu lama. Kurang dari sepuluh menit. Namun sempat membuat takut keponakannya karena hujan yang begitu lebat.

"Tadi kejadian hujan es nya sekitar 3-5 menit yang terus menerus. Tapi alhamdulilah tidak ada yang rusak rumah saya," terangnya.

Ia sempat membuat status di aplikasi perpesanan WhatsApp. Menurutnya banyak yang tidak menyadari kejadian tersebut karena derasnya hujan yang mengguyur disertai petir. Namun keponakannya yang melihat status WhatsApp nya langsung memberikan respon.

"Mereka sepertinya banyak yang tidak menyadari, ketika suara 'kemratak' nya, karena dikira hujan yang luar biasa derasnya. Kebetulan saja saya penasaran. Ketika itu saya melihat jatuhan biji-biji es sebesar kedelai. Keponakan saya yang tinggal di daerah Pabuaran malah ketakutan, dikira suara apaan," tandasnya.

Saat ini, menurutnya kondisi hujan es sudah tidak terjadi. Hanya saja petir besar masih kerap menyambar. 

Baca Juga: Wilayah Agam Diguyur Hujan Es, Videonya Viral di Medsos

Kontributor : Anang Firmansyah

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait