facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Agar Dompet Tak Kosong Mlompong, Ini Tips Mengelola Keuangan Saat Ramadhan

Budi Arista Romadhoni Rabu, 14 April 2021 | 09:05 WIB

Agar Dompet Tak Kosong Mlompong, Ini Tips Mengelola Keuangan Saat Ramadhan
Ilustrasi Mengelola Keuangan saat bulan Ramadhan. (Pixabay/jarmoluk)

Ramadhan ditengah pandemi pasti akan membuat sebagian orang mengalami kesulitan keuangan

SuaraJawaTengah.id - Bulan Suci Ramadhan tahun ini bertepatan dengan Pandemi Covid-19. Tentu saja kesulitan ekonomi masih menjadi bayang-bayang kita semua. 

Butuh perencanaan keuangan yang matang agar dompet tidak jebol saat bulan Ramadhan. Ditambah kita tidak diperkenankan untuk melakukan mudik lebaran nanti. 

Perencana Keuangan Lolita Setyawati membagikan tips untuk mengatur keuangan agar ibadah di bulan suci Ramadhan dapat berjalan aman dan nyaman.

"Tips pertama yang harus dilakukan untuk mengatur keuangan di masa Ramadhan adalah buatlah daftar prioritas sesuai kebutuhan," kata Lolita dilansir dari ANTARA dalam diskusi virtual, Selasa (13/4/2021). 

Baca Juga: Waspada Penyakit Akibat Tidur Usai Sahur, Perut Buncit Hingga Stroke

Dengan menuliskan daftar prioritas, anda dapat mengetahui kebutuhan dan keinginan sehingga dapat lebih bisa dihindarkan untuk melakukan belanja tidak terduga.

Banyak terjadi kesalahan dalam pengaturan keuangan di masa Ramadhan karena orang Indonesia suka tergoda dan mengaburkan makna antara keinginan dan kebutuhan karena tidak adanya daftar prioritas.

Tips kedua adalah siapkan dana ekstra untuk kebutuhan tambahan.

Di masa Ramadhan kerap kali ada banyak kebutuhan tambahan yang meningkat, misalnya keinginan untuk bersedekah atau membagikan THR kepada keluarga meskipun tidak dapat berjumpa karena larangan mudik akibat Covid-19.

Dana ekstra ini harusnya disiapkan sebelum Ramadhan tiba, namun belum terlambat untuk memulai dari sekarang sebelum perayaan lebaran berlangsung.

Baca Juga: Siap Gelar Operasi Pasar, Ridwan Kamil Tunggu Sinyal dari Emak-emak

Ketiga, hal yang harus dilakukan adalah belanja di awal agar lebih hemat.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait