alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Catat! Ini Lokasi Salat Idul Fitri di Kota Tegal

Ronald Seger Prabowo Rabu, 12 Mei 2021 | 17:45 WIB

Catat! Ini Lokasi Salat Idul Fitri di Kota Tegal
Masjid Agung Kota Tegal. [Suara.com/ F Firdaus]

Umat Islam pun bersiap untuk melaksanakan salat Idul Fitri di tengah pandemi Covid-19 yang belum berakhir.

SuaraJawaTengah.id - Pemerintah menetapkan 1 Syawal 1442 H atau Idul Fitri jatuh pada Kamis (13/5/2021) dalam sidang isbat yang digelar Selasa (11/5/2021).

Umat Islam pun bersiap untuk melaksanakan‎ salat Idul Fitri di tengah pandemi Covid-19 yang belum berakhir.

Untuk di Kota Tegal, pemerintah setempat membolehkan pelaksanaan salat idulfitri atau salat id digelar di masjid maupun tempat terbuka dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Salah satu masjid yang akan menggelar salat id yakni Masjid Agung Kota Tegal. Pengurus masjid yang berlokasi di kawasan alun-alun ini sudah mempersiapkan pelaksanaan salat id, salah satunya berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan.

Baca Juga: Ratusan Masjid di Mempawah Gelar Salat Idul Fitri, Warga Wajib Patuh Prokes

‎"Kami sudah koordinasi dengan Dinas Kesehatan, sudah dicek semua untuk persiapan sarana peasarana penerapan protokol kesehatan," kata Pengurus Masjid Agung Kota Tegal, Muhammad Abdul Hayyi, Rabu (12/5/2021).

‎Menurut Hayyi, salat id akan digelar di dalam masjid dan meluas hingga ke ruas jalan di sekitar masjid. Untuk itu, selama pelaksanaan salat id akan dilakukan penutupan sejumlah ruas jalan, yakni Jalan Masjid, Jalan KH Mansyur, Jalan Pancasila, dan jalan depan Balai Kota.

"Pelaksanaan salat id meluas ke jalan agar bisa protokol kesehatan jaga jarak. Jalan-jalan yang ditutup akan‎ digunakan untuk jemaah wanita," jelas Hayyi.

‎Hayyi melanjutkan, jemaah wajib mengenakan masker, membawa sajadah sendiri dari rumah, dan terlebih dahulu melalui pengecekan suhu tubuh.‎ Pengecekan akan dilakukan petugas Dinas Kesehatan dan Pemuda Remaja Masjid.

‎"Nanti ada titik-titik pengecekan suhu tubuh jemaah sebelum pelaksanaan salat id," ujarnya.‎

Baca Juga: Pastikan Stok Gas Melon Aman, Pertamina dan Pemprov Lampung Sidak Pangkalan

‎Tak hanya wajib menerapkan protokol kesehatan, jemaah yang akan mengikuti salat id juga akan dibatasi jumlahnya. Hal ini agar antarjemaah bisa menjaga jarak.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait