alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Sehat dan Tetap Enak, Rekomendasi 5 Camilan Rendah Kalori

Rima Sekarani Imamun Nissa | Rosiana Chozanah Jum'at, 21 Mei 2021 | 19:21 WIB

Sehat dan Tetap Enak, Rekomendasi 5 Camilan Rendah Kalori
Ilustrasi ubi bakar. (Pixabay/Silentpilot)

Salah satu camilan rendah kalori adalah ubi panggang.

SuaraJawaTengah.id - Camilan rendah kalori bukan hanya baik untuk Anda yang sedang berusaha menurunkan berat badan, melainkan menjalani gaya hidup sehat secara umum.

Ahli diet terdaftar, Elena Kaidanian, mengungkapkan bahwa mengemil yang baik adalah memilih camilan rendah kalori, yakni antara 100 hingga 200, sekaligus menawarkan keseimbangan makro serta mikronutrien yang baik.

Kaidanian mengatakan, buah-buahan umumnya menjadi pilihan camilan rendah kalori yang bagus. Hal itu karena buah-buahan mengandung banyak vitamin, mineral, serat, dan hidrasi.

Melansir dari Insider, menurut Kaidanian, berikut beberapa pilihan camilan campuran buah-buahan yang enak sekaligus punya kalori sedikit.

Baca Juga: Cocok untuk Teman Nonton Film, Simak Resep Pangsit Milo Super Renyah

Ubi panggang

Ubi panggang adalah alternatif sehat untuk keripik kentang goreng. Uji jalar kaya akan kandungan vitamin, serat, mineral, dan antioksidan yang bisa membantu kesehatan penglihatan, kekebalan, dan manajemen gula darah yang lebih baik.

Mangga dengan cabai dan jeruk nipis

Kaidanian mengatakan, "Mangga adalah camilan yang sehat dan lezat. Rendah kalori dan lemak."

Mangga juga dikatakan menyediakan lebih dari 50% kebutuhan vitamin C harian, serta nutrisi lain seperti vitamin dan B, tembaga, hingga serat. Cobalah membumbui mangga dengan jeruk nipis dan cabai guna menambah rasa.

Baca Juga: Agar Berat Badan Turun dan Terjaga, Yuk Simak Pola Makan Berikut

Ilustrasi semangka (sumber: Shutterstock)
Ilustrasi semangka (sumber: Shutterstock)

Semangka dengan kuaci

Semangka termasuk buah rendah kalori dengan kandungan air tinggi sehingga sangat menghidrasi tubuh. Kaidanian menyarankan untuk menikmati semangka bersama beberapa biji bunga matahari (kuaci) untuk menambahkan protein dan lemak sehat.

Popcorn buatan sendiri

Popcorn pada dasarnya adalah camilan sehat, rendah kalori, dan rendah lemak, karena merupakan biji-bijian utuh yang mengandung serat, beberapa vitamin, mineral, serta antioksidan.

Menurut Kaidanian, lebih baik membikin popcorn sendiri dengan menambahkan bumbu seperti cabai atau bawang putih.

Kacang panggang

Kalau ingin makan sesuatu yang renyah, Kaidanian merekomendasikan kacang panggang. Makanan ini lebih dari dari pretzel atau keripik yang memiliki sedikit nutrisi dan cenderung tinggi kalori.

Kacang kedelai lebih rendah kalori sekaligus mengandung protein serta serat yang baik untuk tubuh.

"Cobalah buncis panggang, edamame, atau kacang fava," tutur Kaidanian mendambahkan.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait