alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Wow! Secangkir Kopi, Sayuran, dan ASI Berpotensi Melindungi Kita dari Covid-19

Budi Arista Romadhoni Kamis, 22 Juli 2021 | 21:50 WIB

Wow! Secangkir Kopi, Sayuran, dan ASI Berpotensi Melindungi Kita dari Covid-19
Ilustrasi Minum Kopi. Studi menemukan asupan kopi, sayuran dan ASI berpotensi melindungi seseorang dari serangan Covid-19. (freepik)

Studi menemukan asupan kopi, sayuran dan ASI berpotensi melindungi seseorang dari serangan Covid-19

SuaraJawaTengah.id - Antibodi yang kuat menjadi satu-satunya yang bisa menangkal serangan Covid-19. Namun, demikian antibodi yang kuat pastinya didapatkan dari nutrisi makanan. 

Anda mungkin pernah dengar sebelumnya bahwa sebuah penelitian menunjukkan bahwa kopi bisa memberikan perlindungan terhadap Covid-19. Kini penelitian baru menunjukkan bahwa bahwa sayuran dan mendapatkan air susu ibu (ASI) di masa kecil juga menurunkan risiko Covid-19. 

Melansir dari Medicinenet, studi baru dari Northwestern University di Chicago tersebut juga menunjukkan selain beberapa asupan bisa membantu mencegah, daging olahan malah dapat meningkatkan kerentanan Anda terhadap virus corona. Penelitian tersebut telah diterbitkan dalam jurnal Nutrients.

"Kami tahu bahwa Covid-19 adalah penyakit menular, mirip dengan pneumonia atau jenis infeksi pernapasan lainnya. Kami tahu bahwa kekebalan memainkan peran penting dalam kemampuan kami untuk memerangi beberapa penyakit menular ini," kata rekan penulis studi Marilyn Cornelis.

Baca Juga: Viral Biaya Kremasi Pasien Covid Capai Rp 80 Juta, Begini Versi Yayasan Rumah Duka Abadi

"Saya tertarik melihat bagaimana nutrisi dapat berperan, karena kita tahu bahwa nutrisi memengaruhi kekebalan," tambah Cornelis yang juga profesor kedokteran pencegahan di Fakultas Kedokteran Universitas Northwestern.

Pada penelitian ini, para peneliti menggunakan data UK Biobank untuk memeriksa hubungan antara perilaku diet dari 2006 hingga 2010 dan infeksi Covid-19 dari Maret hingga November 2020 pada orang yang sama.

Para peneliti melihat secara khusus pada makanan yang terbukti mempengaruhi sistem kekebalan pada penelitian manusia dan hewan sebelumnya.

Penelitian ini melibatkan hampir 38.000 peserta yang telah menerima tes Covid-19. Sekitar 17 persen dinyatakan positif terkena virus. Tim menemukan bahwa nutrisi mungkin memberikan tingkat perlindungan yang sederhana.

Misalnya, mengonsumsi satu atau lebih cangkir kopi sehari dikaitkan dengan penurunan 10 persen risiko Covid-19 jika dibandingkan dengan mengonsumsi kurang dari satu cangkir setiap hari. Mengonsumsi setidaknya dua pertiga porsi sayuran matang atau mentah setiap hari (tidak termasuk kentang) juga dikaitkan dengan penurunan risiko.

Baca Juga: Bergejala Covid-19, Isco Tinggalkan Kamp Latihan Real Madrid

Seperti kopi, menyusu ASI saat bayi dikaitkan dengan penurunan risiko 10 persen. Namun, bahkan makan kurang dari setengah porsi daging olahan setiap hari dikaitkan dengan risiko yang lebih tinggi.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait