alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Terpapar Covid-19, Ini Cara Ibu Hamil Menyusui Anaknya

Budi Arista Romadhoni Selasa, 03 Agustus 2021 | 20:00 WIB

Terpapar Covid-19, Ini Cara Ibu Hamil Menyusui Anaknya
Ilustrasi ibu Menyusui. (Shutterstock)

Ibu hamil yang terpapar Covid-19 disarankan untuk tetap menyusui, namun protokol kesehatan ketat harus dilakukan

SuaraJawaTengah.id - Ibu hamil dan menyusui termasuk kelompok rentan terpapar Covid-19. Mereka harus berhati-hati menjaga kesehatan untuk diri sendiri maupun bayinya.

Diketahui, ibu hamil termasuk kelompok yang rentan terinfeksi virus corona Covid-19 parah. Selain itu, penularan virus corona Covid-19 langsung juga bisa terjadi selama kehamilan dan menyusui.

Para dokter telah mengatasi dan mengesampingkan beberapa ketakutan mereka sehubungan dengan penularan virus corona dari ibu ke janin atau bayi baru lahir melalui ASI.

Kekhawatiran terbesar pada dokter ketika seorang ibu positif Covid-19. Ibu pasti bingung cara menyusui bayinya dan risiko penularan virus corona Covid-19 ke bayinya melalui ASI.

Baca Juga: WHO Sebut ASI Jadi Vaksin Pertama Bagi Bayi

Ilustrasi ibu menyusui. (Elements Envato)
Ilustrasi ibu menyusui. (Elements Envato)

Tapi dilansir dari Indian Express, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah mengonfirmasi bahwa seorang ibu harus terus menyusui bayinya meskipun sedang positif Covid-19.

Karena, tidak indikasi yang menunjukkan virus corona Covid-19 bisa menular secara vertikal. Namun, WHO memberikan beberapa saran tentang cara menyusui yang aman sehingga tidak ada kemungkinan penularan virus corona Covid-19 dari ibu ke bayinya.

Pekan Menyusui Sedunia ini, Dr Aarthi Priyadharshini, konsultan fisioterapis dan ahli laktasi, Motherhood Hospitals, Chennai menjelaskan langkah-langkah menyusui yang aman jika ibu menyusui positif Covid-19.

1. Jaga kebersihan

Ibu menyusui harus menjaga kebersihan di sekitarnya maupun bayinya. Karena, bayi harus ditempatkan di lingkungan yang sangat bersih untuk mengurangi risiko infeksi virus corona Covid-19.

Baca Juga: WHO Sebut ASI Jadi Vaksin Pertama Bayi Lawan Segala Infeksi Penyakit

2. Pakai masker

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait