alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Buka Kembali! Ini 10 Rekomendasi Tempat Wisata di Temanggung yang Instagramable

Ronald Seger Prabowo Sabtu, 18 September 2021 | 07:49 WIB

Buka Kembali! Ini 10 Rekomendasi Tempat Wisata di Temanggung yang Instagramable
Air terjun Surodipo di Temanggung. [Instagram @risyeinsia]

Wisata di Temanggung memiliki pesona alam yang indah dan dijamin bikin kamu betah berlama-lama saat berwisata

SuaraJawaTengah.id - Berada di daerah dataran tinggi Jawa Tengah tak mengherankan jika Kabupaten Temanggung memiliki potensi tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. 

Daerah yang dikenal sebagai penghasil tembakau ini memang tempat-tempat wisatanya belum banyak terekspos. Apalagi eksistensi tempat wisata di Temanggung masih kalah pamor dengan tempat wisata seperti Dieng hingga Candi Borobudur. 

Meski begitu, tak banyak yang tahu jika tempat wisata di Temanggung memiliki pesona alam yang indah dan dijamin bikin kamu betah berlama-lama saat berwisatatempat wisata di Temanggung memiliki pesona alam yang indah dan dijamin bikin kamu betah berlama-lama saat berwisata. 

Apalagi saat ini tempat wisata di Temanggung sudah mulai beroperasi kembali pasca hampir dua tahun ditutup karena Covid-19. Bagi kamu yang bosan di rumah aja atau merasa sudah penat dengan pekerjaan yang super padat. 

Baca Juga: Nekat Masuk Ancol, Petugas Putar Balik Puluhan Kendaraan karena Langgar Aturan Gage

Tak ada salahnya jika kamu mengunjungi tempat wisata di Kabupaten Temanggung ini. Mengutip dari video di channel youtube Doyan Wisata. Berikut 10 tempat wisata di Temanggung yang paling instagramble. 


1. Wisata Alam Posong

Wisata alam Posong di Temanggung. [@lias_andini25]
Wisata alam Posong di Temanggung. [@lias_andini25]

Wisata Alam Posong ini cukup populer ditelinga masyarakat Temanggung dan Jawa Tengah. Tempat wisata yang berada di lereng Gunung Sindoro ini menyuguhkan keindahan alam terbuka. Memiliki luas lebih dari 1,2 hektar tempat wisata Posong ini memiliki taman bunga, gazebo dan spot selfie yang instagramble. 

Keindahan wisata yang dikelilingi tujuh gunung sekaligus ini terdapat golden sunrise yang cukup cantik. Selain itu, di Wisata Alam Posong juga menawarkan paket camping. Berlokasi di desa Tlahab, Kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah wisata alam ini cocok sekali dikunjungi bareng teman, sanak keluarga untuk liburan di akhir pekan nanti. 


2. Umbul Jumprit

Baca Juga: Gage Tempat Wisata Tak Ada Tilang, Kendaraan Boleh Turunkan Penumpang di Pintu Masuk

Wisata Umbul Jumprit. [Sidikang.com]
Wisata Umbul Jumprit. [Sidikang.com]

Umbul Jumprit merupakan tempat wisata alam terbuka yang memiliki sumber mata air Gunung Sindoro dan hutan pinus yang mengelilinginya.

Sehingga tak jarang para wisatawan yang datang ke sini sering kali mandi di sumber mata air tersebut untuk menikmati sensasi air yang seger khas pegunungan. 

Banyaknya pohon pinus menjadikan tempat wisata ini semakin instagramble. Pasalnya pemandangan di pohon pinus cocok sekali digunakan untuk spot selfie.

Berlokasi di Jalan Ngadirejo, Jumprit, Purbosari, Temanggung, Kabupaten Temanggung Umbul Jumprit juga setiap tahunnya sering dipakai untuk memperingati hari waisak umat Budhha di Candi Borobudur. 


3. Air Terjun Surodipo

Air terjun Surodipo di Temanggung. [Instagram @risyeinsia]
Air terjun Surodipo di Temanggung. [Instagram @risyeinsia]

Curug Surodipo merupakan surga tersembunyi di perbukitan Desa Tawangsari, Kecamatan Wonoboyo, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Curug Surodipo ini memiliki ketinggian 1.200 meter dan air terjun yang cukup deras. 

Dikelilingi panorama hutan, wisata Curug Surodipo ini tempatnya masih sangat asri dan dipenuhi pepohonan besar. Sehingga cocok sekali bagi kamu yang berniat wisata sekaligus melepas penat. 


4. Curug Onje

Surga tersenyembunyi lainnya yang ada di Kabupaten Temanggung yakni Curug Onje. Objek wisata ini berada Tanjungsari, Duren, Bejen, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah ini memiliki tujuh air terjun yang saling berjejeran dan air yang mengalir di Curug Onje ini cukup jernih. 

Sehingga Curug Onje ini pas sekali untuk dikunjungi diakhir pekan. Lantaran tempat wisata ini menyuguhkan suasana yang tenang dengan menampilkan keindahan alam yang masih terjaga. 


5. Embung Tlogopucang

Embung Tlogopucang awalnya tempat pembuatan penampung air hujan yang berada di Desa Tlogopucang, Kecamatan Kandangan, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Karena berada diatas perbukitan, masyarakat sekitar pun mengubah Embung Tlogopucang menjadi tempat wisata. 

Dilengkapi berbagai spot selfie menarik dan gazebo menjadikan Embung Tlogopucang destinasi wisata yang wajib kamu kunjungi. Selain itu di objek wisata Embung Tlogopucang juga terdapat paket ngecam. 


6. Pikatan Water Park

Tidak hanya menyajikan pesona alama saja, di Kabupaten Temanggung juga terdapat tempat wisata dan rekreasi Pikatan Water Park. Tempat wisata yang menawarkan wahana kolam air ini berlokasi di Jalan Raya Pikatan, Mudal, Kecamatan Temanggung, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. 

Di Pikatan Water Park sendiri terdapat wahana kolam air yang sangat banyak dan kedalaman yang beragam. Sehingga tempat wisata ini menjadi pilihan yang pas untuk dikunjungi saat akhir pekan bersama keluarga. 


7. Monumen Meteorit

Monumen Meteorit Wonotirto Temanggung. [Twitter]
Monumen Meteorit Wonotirto Temanggung. [Twitter]

Monumen Meteorit merupakan tempat wisata edukasi yang berada di Desa Wonotirto, Kecamatan Bulu, Kabupaten Temanggung. Berdirinya tempat wisata ini untuk memperingati peristiwa jatuhnya meteor dari langit pada tahun 2001 silam. 

Para pengunjung yang datang ke Monumen Meteorit ini biasanya penasaran ingin melihat pecahan meteor yang tertanam pada bagian atas monumen. Selain itu, di tempat wisata ini memiliki suasana yang sejuk dan terdapat agrowisata buah dan sayuran. 


8. Candi Pringapus

Candi Pringapus. [https://www.instagram.com/agamkhaled/]
Candi Pringapus. [https://www.instagram.com/agamkhaled/]

Di Kabupaten Temanggung juga memiliki wisata sejarah pada objek Candi Pringapus. Meski tak setenar Candi Borobudur maupun Candi Prambanan. Objek wisata Candi Pringapus ini kerap dikunjungi para siswa sekolah setempat untuk belajar sejarah masa lalu. 

Candi Pringapus terletak di desa Pringapus, kecamatan Ngadirejo, kabupaten Temanggung, Jawa Tengah merupakan situs peninggalan umat Hindu. Pada masanya umat Hindu memakai tempat ini untuk memuja Dewa Syiwa. 


9. Gunung Sindoro dan Sumbing

Gunung Sindoro. (Instagram/@arifsl_)
Gunung Sindoro. (Instagram/@arifsl_)

Bagi kamu yang menyukai tantangan dan mendaki tak ada salahnya untuk mengunjungi dan mendaki gunung yang berada di Kabupaten Temanggung. Keindahan alam yang disuguhkan Gunung Sindoro dan Sumbing tak usah diragukan lagi. 

Memiliki panorama alam yang sangat indah, kedua gunung tersebut sangat cocok menjadi pilihan tempat berliburmu. Apalagi para pecinta alam, dijamin kalian tidak akan menyesal ketika mendaki kedua gunung tersebut sekaligus. 


10. Kledung Pass

Wisata Kledung Pass. [https://www.instagram.com/nadhaa__/]
Wisata Kledung Pass. [https://www.instagram.com/nadhaa__/]

Terakhir objek wisata menarik lainnya yang berada di Kabupaten Temanggung yakni Kledung Pass. Tempat wisata ini menawarkan pesona alam terbuka yang dikelilingi Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing. 

Berlokasi di Desa Kledung, Kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung,  Jawa Tengah ini memiliki area yang sangat luas serta telah dilengkapi gazebo dan paving blok. Sehingga tempat wisata Kledung Pass ini sangat cocok dikunjungi untuk bersantai sembari suguhan alam yang sangat indah. 

Itulah beberapa rekomendasi wisata di Kabupaten Temanggung yang instagramble. Dipastikan kamu tidak akan menyesal jika mengunjungi salah satu tempat diatas setiap akhir pekan. 

Kontributor : Fitroh Nurikhsan

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait