alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

BMKG Keluarkan Peringatan Dini Hujan Lebat, Banjir di Jawa Tengah Harus Diwaspadai

Budi Arista Romadhoni Selasa, 21 September 2021 | 08:19 WIB

BMKG Keluarkan Peringatan Dini Hujan Lebat, Banjir di Jawa Tengah Harus Diwaspadai
Ilustrasi banjir. Banjir di Jawa Tengah harus diwaspadai, BMKG telah mengeluarkan peringatan dini terjadinya hujan lebat disertai petir hari ini. (Pixabay/Hermann)

Banjir di Jawa Tengah harus diwaspadai, BMKG telah mengeluarkan peringatan dini terjadinya hujan lebat disertai petir hari ini

SuaraJawaTengah.id - Intensitas hujan diprediksi akan mulai meningkat pada bulan September ini. Saat ini curah hujan mulai dirasakan di berbagai daerah, termasuk di Jawa Tengah

Bencana alam dari meningkatnya intensitas hujan itu pun harus diwaspadai. Seperti di Jawa Tengah, banjir dan tanah longsor menjadi ancaman setiap tahun. 

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini hujan lebat disertai kilat dan angin kencang yang berpotensi terjadi di beberapa wilayah Indonesia pada Selasa (21/9/2021). 

Informasi yang dikutip dari situs BMKG pada Selasa, disampaikan potensi hujan disertai kilat dan angin kencang diperingatkan untuk Provinsi Aceh, Bengkulu, Jambi, Lampung, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Sumatera Utara, Banten, Jawa Barat, Jawa Timur.

Baca Juga: Prakiraan Cuaca BMKG 21 September 2021 Serang-Cilegon Banten: Siang Diprediksi Hujan

Kondisi serupa juga berpotensi terjadi di Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Gorontalo, Maluku, Maluku Utara, Papua, Papua Barat.

Dikemukakan BMKG, sirkulasi siklonik terpantau di sekitar wilayah Thailand dan di perairan barat Filipina yang membentuk daerah konvergensi (pertemuan dan perlambatan kecepatan angin) yang memanjang di sekitar sirkulasi siklonik tersebut.

Daerah konvergensi juga terpantau memanjang dari Laut Banda hingga Selat Makassar bagian tengah dan di Papua.

"Kondisi ini mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut," papar BMKG.

Di samping itu, BMKG juga mengeluarkan peringatan dini potensi banjir di beberapa wilayah, yakni Aceh, Sumatera Barat, Bengkulu, Jambi, Banten, Jawa Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat dan Papua. [ANTARA]

Baca Juga: Jakarta Akan 1,4 Derajat Celcius Lebih Panas Karena Krisis Iklim

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait