alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Gus Miftah Ungkap Orang Lakukan Nikah Siri: Para Suami yang Pengen Nikah Lagi

Budi Arista Romadhoni Jum'at, 08 Oktober 2021 | 08:11 WIB

Gus Miftah Ungkap Orang Lakukan Nikah Siri: Para Suami yang Pengen Nikah Lagi
Gus Miftah beberkan alasan orang melakukan nikah siri. [instagram]

Gus Miftah beberkan alasan orang melakukan nikah siri

SuaraJawaTengah.id - Nikah Siri menjadi perbincangan publik. Apalagi sejumlah artis dan pesohor melakukan nikah siri tersebut. 

Menyadur dari Terkini.id, Pendakwah kondang, Gus Miftah menjelaskan sejumlah alasan mengapa orang mau nikah siri. Ia pun memberi penjelasan terkait hal itu.

Menurut Gus Miftah, nikah siri tidak terdaftar di Kantor Urusan Agama (KUA). Biasanya, pernikahan siri sepasang suami dan istri tidak diketahui oleh masyarakat luas.

“Siri itu artinya rahasia. Kalau nikah siri itu tata caranya sama dengan nikah KUA, bedanya tidak tercatat dalam lembar hukum negara, kalau tata caranya, ijab qobulnya, rukunnya sama. Kalau siri itu tidak diketahui khalayak umum, tidak dipublish, sembunyi-sembunyi,” ujar Gus Miftah dikutip Jumat (8/10/2021).

Baca Juga: Di Hadapan Gus Miftah Hercules Cerita Masa Lalu, Gelandangan Tapi Penghasilan 30 Juta

Hal itu disampaikan Gus Miftah saat tampil di kanal YouTube TransTV Official, seperti dilihat pada Kamis 7 Oktober 2021.

Ia pun mengungkapkan alasan mengapa pasangan memutuskan untuk nikah siri. Menurut Gus Miftah, selain karena belum siap menggelar resepsi suami yang menikah siri biasanya memiliki keinginan untuk menikah lagi.

“(Alasan seseorang nikah siri) biasanya belum siap dua mempelai ini soal pengin resepsi dan lain sebagainya. Kemudian yang kedua para suami yang pengen nikah lagi,” ungkapnya.

Gus Miftah dalam tayangan program itu juga menyinggung soal alasan nikah siri untuk menghindari fitnah. Menurutnya, hal itu wajar dilakukan oleh pasangan yang menikah siri.

“Masuk akal (kalau nikah siri karena menghindari fitnah), biasanya yang menjadi tujuan pelaku nikah siri itu adalah halal di mata Allah. Dua orang saling menyanyangi saling mencintai naik motor barengan, nonton bioskop barengan, kemana-mana barengan dan lain sebagainya,” tuturnya.

Baca Juga: Cerita Hercules Saat Jadi Gelandangan di Tahun 90an, Penghasilan Sebulan Rp30 Juta

Gus Miftah pun menjelaskan, jika sepasang kekasih baru bertunangan maka akan tetap dianggap berniza karena belum sah di mata Allah sebagai suami dan istri. Oleh karena itu, mereka memutuskan nikah siri untuk menghindari fitnah tersebut.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait