alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

5 Wisata Klaten, Kota Seribu Candi Simpan Keindahan Alam, Dales Indah Hingga Bukit Patrum

Pebriansyah Ariefana Senin, 11 Oktober 2021 | 08:05 WIB

5 Wisata Klaten, Kota Seribu Candi Simpan Keindahan Alam, Dales Indah Hingga Bukit Patrum
Candi Plaosan (Dikbud)

Selain objek bangunan bersejarah tersebut, Kabupaten Klaten juga memiliki banyak objek wisata baik alam.

SuaraJawaTengah.id - Wisata Klaten terbaik 2021. Selain Bali, Jawa Tengah terutama Kabupaten Klaten memiliki banyak tempat wisata pedesaan yang indah nan asri.

Dikenal dengan julukan kota seribu candi, hal ini sangat tepat disematkan pada Kabupaten Klaten karena kamu akan banyak menjumpai candi yang tersebar di daerah ini seperti candi Plaosan, Candi Lumbung, candi Bubrah, Candi Sewu, Candi Merak dan beberapa candi-candi lainnya yang dapat menjadi alternatif wisata edukasi.

Selain objek bangunan bersejarah tersebut, Kabupaten Klaten juga memiliki banyak objek wisata baik alam.

Berikut ini merupakan beberapa tempat wisata di Klaten, Jawa Tengah yang tak boleh kamu lewatkan ketika tengah bertandang ke Kabupaten Klaten.

Baca Juga: Kunjungi Sangiran, Ganjar Pranowo Nilai Bisa Dikembangkan sebagai Desa Wisata

Berikut ulasannya:

1. Candi Plaosan

Candi Plaosan merupakan bangunan peninggalan agama Hindu yang diperkirakan dibangun pada masa pemerintahan Rakai Pikatan dari kerajaan Mataram Kuno, yaitu pada awal abad ke-9 M. Candi Plaosan berlokasi di Jl. Candi Plaosan, Plaosan Lor, Bugisan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Candi Plaosan memiliki keunikan tersendiri yang digambarkan dari desain atau arsitektur bangunan candi yang mana adalah perpaduan antara agama Budha dan Hindu. Hal ini dikarenakan Rakai Pikatan beragama Hindu, sedangkan istrinya beragama Budha.

Di kawasan candi setiap tahunnya diadakan festival yang dinamakan Candi Kembar, acaranya diisi dengan macam-macam tarian dari seluruh Indonesia.

Baca Juga: Ganjar Pranowo Resmikan Pilar Perdamaian The Water of Peace dan Deklarasi Kelurahan Damai

Candi Plaosan ini berdiri dalam satu kompleks Candi Prambanan dan dikelilingi oleh parit yang berfungsi untuk menyerap air tanah ketika hujan turun dan juga di sekitar candi Plaosan, terdapat candi-candi lainnya seperti Candi Lumbung dan lain-lainnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait