alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Tidak Hanya di Semarang, Ini 7 Kota di Dunia yang Terancam Tenggelam

Budi Arista Romadhoni Selasa, 12 Oktober 2021 | 14:20 WIB

Tidak Hanya di Semarang, Ini 7 Kota di Dunia yang Terancam Tenggelam
Kondisi makam yang tenggelam di Tambaklorok Kota Semarang. Semarang bukan satu-satunya yang terancam tenggelam, tapi ada beberapa kota-kota di dunia yang memiliki diprediksi akan tenggelam. (suara.com/Dafi Yusuf)

Semarang bukan satu-satunya yang terancam tenggelam, tapi ada beberapa kota-kota di dunia yang memiliki diprediksi akan tenggelam

SuaraJawaTengah.id - Kota Semarang dan sebagian wilayah di pesisir pantai utara (Pantura) mengalami penurunan tanah. Hal itu lantas membuat para pakar memberikan prediksi pantura terancam tenggelam

Kota Pekalongan, Kota Semarang, dan Kabupaten Demak menjadi daerah yang paling parah saat ini. Ancaman tenggelam pun diungkapkan oleh para pakar. 

Namun  demikian ternyata tidak hanya beberapa wilayah di Jateng saja yang memeliki ancaman tenggelam. Terdapat beberapa kota di dunia juga mengalami hal yang sama. Termasuk  ibukota DKI Jakarta.

Dikutip dari DW.com, berikut daftar 7 Kota di Dunia yang terancam tenggelam: 

Baca Juga: Soal Pantura Jateng Terancam Tenggelam, Ahli Geodesi ITB: Penanganan Sudah On The Track

Hanoi, Vietnam

Pagoda Tran Quoc, destinasi wisata terkenal di Hanoi, Vietnam. (Shutterstock)
Pagoda Tran Quoc, destinasi wisata terkenal di Hanoi, Vietnam. (Shutterstock)

Lebih dari 31 juta orang, hampir seperempat dari total populasi Vietnam, diperkirakan akan menghadapi ancaman banjir rob setidaknya sekali dalam setahun hingga 2050, demikian menurut studi yang dirilis lembaga penelitian AS, Climate Central. Skenario teranyar menyebut banjir rob tahunan akan memengaruhi daerah padat penduduk di Delta Mekong dan pantai utara di sekitar ibu kota Vietnam, Hanoi.

Shanghai, Cina

Suasana di kota Shanghai, China. (Anadolu Agency)
Suasana di kota Shanghai, China. (Anadolu Agency)

Kawasan yang saat ini menampung 93 juta penduduk di Cina daratan kemungkinan akan tenggelam permanen pada tahun 2050 akibat banjir rob, demikian hasil penelitian Climate Central. Shanghai, yang merupakan kota terpadat di Cina, diperkirakan akan menjadi kota yang paling rentan terdampak banjir rob karena tidak punya sistem pertahanan pantai.

Kolkata, India

Baca Juga: Ini Fakta-fakta Pekalongan Terancam Tenggelam

Kolkata India. [DW.com]
Kolkata India. [DW.com]

Di India, kenaikan permukaan laut diperkirakan membuat kawasan yang saat ini dihuni sekitar 36 juta orang itu rentan terkena banjir tahunan pada 2050. Benggala Barat dan Odisha dianggap sangat berisiko, seperti kota Kolkata di bagian timur. Menurut Climate Central, tidak adanya pertahanan pantai seperti tanggul, membuat ketinggian suatu tempat jadi penentu sejauh mana banjir akan merendam daratan.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait