alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Keren! Netflix Untung Rp12,87 triliun dari Serial Squid Game

Budi Arista Romadhoni Senin, 18 Oktober 2021 | 06:00 WIB

Keren! Netflix Untung Rp12,87 triliun dari Serial Squid Game
Poster serial drama Squid Game. [Netflix]

Drakor Squid Game rupanya memberikan keuntungan besar bagi Netflix, mereka memperkirakan mendapat sekitar Rp12 Triliun dari serial drama korea tersebut

SuaraJawaTengah.id - Drama Korea atau Drakor Squid Game tengah digemari masyarakat di Indonesia. Selain menjadi hiburan, serial tersebut tentu saja memberikan keuntungan bagi perusahaan yang terkait. 

Menyadur dari Solopos.com, Netflix memperkirakan bahwa serial Squid Game akan meraih keuntungan hampir US$900 juta atau sekitar Rp12,87 triliun (kurs Rp14.300/US$).

Dikutip dari Bloomberg, Netflix berbeda dari studio film dan jaringan TV yang menghasilkan penjualan berdasarkan judul tertentu. Netflix menarik keuntungan dengan menggunakan katalog filmnya dan irama rilis baru yang stabil untuk menarik pelanggan setiap pekan.

Tetapi perusahaan memiliki banyak data tentang apa yang ditonton pelanggannya, yang digunakan perusahaan untuk menentukan nilai yang diperoleh dari program individual.

Baca Juga: Viral Anak-anak Ini Main Squid Game Modal Sandal Jepit, Netizen Ikut Ngakak

Diketahui, Squid Game menonjol karena popularitasnya dan biaya produksi yang relatif rendah. Serial drama Korea Selatan ini bercerita tentang orang-orang yang berutang dan terlibat permaiann bertahan hidup untuk mendapatkan hadiah uang tunai.

Serial ini menghasilkan nilai dampak US$891,1 juta, berdasarkan metrik yang digunakan perusahaan untuk menilai kinerja dari pertunjukan serial atau film.

 Acara ini menghabiskan biaya hanya US$21,4 juta untuk produksi atau sekitar US$2,4 juta per episode. Angka-angka itu hanya untuk musim pertama dan berasal dari dokumen yang merinci metrik kinerja Netflix untuk pertunjukan tersebut.

Dokumen tersebut menggarisbawahi betapa suksesnya acara yang satu ini untuk Netflix dan menawarkan gambaran paling jelas tentang bagaimana jaringan TV online paling populer di dunia menilai keberhasilan programnya.

Netflix telah merilis metrik pemirsa yang dipilih sendiri untuk beberapa acara TV dan film, tetapi tidak membagikan metrik yang lebih rinci dengan pers, investor, atau bahkan pembuat program itu sendiri.

Baca Juga: Atta Halilintar Gelar Lomba Tema Squid Game, Berhadiah Fantastis

Menebak popularitas acara tertentu telah menjadi semacam permainan di Hollywood, bahkan saat Netflix mulai merilis datanya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait