alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Pindah Agama Hindu, Ibu Paundra Mendapat Gelar Ratu Niang Sukmawati, Ini Maknanya

Budi Arista Romadhoni Rabu, 27 Oktober 2021 | 08:14 WIB

Pindah Agama Hindu, Ibu Paundra Mendapat Gelar Ratu Niang Sukmawati, Ini Maknanya
Sukmawati Soekarnoputri memberikan keterangan kepada wartawan di kawasan Tampaksiring, Gianyar, Bali, Selasa (26/10/2021). ANTARA FOTO/Fikri Yusuf

Sukmawati Soekarnoputri mendapatkan gelar usai memutuskan pindah agama hindu, ini maknanya

SuaraJawaTengah.id - Ibu dari Gusti Pangeran Haryo Paundrakarna Jiwo Suryonegoro atau Paundra, Diah Mutiara Sukmawati Soekarnoputri, resmi menjadi penganut agama Hindu setelah menjalani prosesi upacara Sudhi Wadani.

Setelah menjadi penganut agama Hindu, Puteri Priseden Sokarno itu pun memiliki gelar Ratu Niang Sukmawati.

Menyadur dari Solopos.com, Presiden The Soekarno Center, Shri I Gusti Ngurah Arya Wedakarna Mahendradatta Wedasteraputra Suyasa, mengatakan ada kisah menarik di balik pemberian gelar Sukmawati tersebut. Kisah itu terjadi pada 2011 saat upacara Nilapati peresmian The Soekarno Center.

“Nilapati ini sesuai dengan petunjuk Ida Pedanda (Pendeta) lebar, waktu itu mendoakan atau mengabenkan Bung Karno tahun 2011,” kata Arya Wedakarna saat konferensi pers di The Soekarno Center, Kabupaten Gianyar, Bali, Selasa (26/10/2021).

Baca Juga: Tinggalkan Islam Ke Hindu, Ini Prosesi yang Dilalui Sukmawati Soekarnoputri

Pada saat itu, ada suatu ritual yang dijalankan oleh Sukmawati Soekarnoputri di Griya (rumah) Sanur Pejeng, Gianyar dengan Ida Pedanda (Pendeta) Gede Wayahan Bun. Upacara itu dilakukan tepat pada 11 November 2011 atau 11/11/11.

“Jadi Ida Pedanda/Sulinggih memberikan gelar ke beliau [Sukmawati Soekarnoputri] setelah upacara [Nilapati] beliau ini. Karena ternyata ada suatu pandangan spiritual dari beberapa tokoh-tokoh di Bali, Bahwa beliau ini terlihat seperti reinkarnasinya Ibu Tribhuwana Tunggadewi,” jelas Arya Wedakarna.

“Maka dari itu, pada 11 November 2011 tersebut, turunlah gelar Ratu Tribuana Utunggadewi. Ketika saya tanyakan ke Pedanda [Pendeta] apa artinya, ‘Ut’ itu artinya lahir kembali,” imbuh Arya Wedakarna.

Arya Wedakarna mengatakan, jika dilihat secara nyata, ratu Tribhuwana Wijayatunggadewi sebagai Ratu Kerajaan Majapahit sebagai penganut Agama Hindu. Kemudian secara fakta, Sukmawati Soekarnoputri memiliki putra mahkota.

Selain itu, Sukmawati Soekarnoputri bersuamikan Raja Istana Mangkunegaran, yakni Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Mangkunegaran IX. Adapun putra Sukmawati Soekarnoputri ialah Gusti Pangeran Haryo Paundrakarna Jiwo Suryonegoro, yang juga calon raja Istana Mangkunegaran X.

Baca Juga: Tanggapi Keputusan Sukmawati Soekarnoputri Pindah Agama, Buya Yahya: Dia Berkhianat

Kemudian, secara darah, Arya Wedakarna mengatakan, Sukmawati Soekarnoputri adalah cucu dari Ida Ayu Nyoman Rai Srimben. Yang juga seorang Brahmana dari Dadia Pasek Baleagung Buleleng. Tak hanya itu, Sukmawati Soekarnoputri juga seorang putri proklamator, pernah hidup di keraton.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait