facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Kapal Kargo Pengangkut Pupuk Terbakar di Area 70 Cilacap

Budi Arista Romadhoni Rabu, 01 Desember 2021 | 10:46 WIB

Kapal Kargo Pengangkut Pupuk Terbakar di Area 70 Cilacap
Kapal Kargo Soemantri Brodjonegoro Jakarta yang terbakar terus dilakukan upaya pemadaman di Area 70 Cilacap atau terminal khusus dermaga pertamina, Rabu (1/12/2021). [dokumentasi Basarnas]

Kebakaran menimpa kapal kargo Pusri MT Soemantri Brodjonegoro Jakarta bermuatan pupuk di area 70 Cilacap atau terminal khusus dermaga pertamina dengan 27 Anak Buah Kapal

SuaraJawaTengah.id - Peristiwa kebakaran menimpa kapal kargo Pusri MT Soemantri Brodjonegoro Jakarta bermuatan pupuk di area 70 Cilacap atau terminal khusus dermaga pertamina dengan 27 Anak Buah Kapal (ABK).

Menurut keterangan Kapten RIB Basarnas Cilacap, Maryadi mengatakan peristiwa ini diketahui pertama kali pada Rabu (1/12/2021) sekitar pukul 07.15 WIB.

"Dapat kami sampaikan kapal Soemantri Brodjonegoro dengan muatan pupuk kondisinya masih terbakar dan saat masih dilakukan upaya pemadaman oleh petugas," katanya melalui pesan video kepada wartawan, Rabu (1/12/2021).

Berdasarkan catatan manivest jumlah ABK yang tertulis 27 penumpang, namun pada saat akan berangkat atas nama Dwi Haryanto ditunggu tak kunjung datang. Akhirnya atas nama tersebut ditinggal.

Baca Juga: Sudah Pasti Lolos, Persis Solo akan Lawan PSCS Cilacap dengan Kekuatan Penuh

"Jadi penumpang yang berangkat ke Cilacap total 26 penumpang dan yang sudah dievakuasi 21, yang masih di atas kapal 5 orang. Menurut informasi kapten seluruh penumpang sudah clear. Tinggal yang di atas kapal sedang membantu atau memantau proses pemadaman," jelasnya.

Proses pemadaman tersebut selain dari Basarnas juga melibatkan, Lanal, Polairud, Pertamina, KPLP, Pelindo, Navigasi Cilacap dan KKP Pelabuhan. Hingga saat berdasarkan informasi dari tim Basarnas kondisi kapal masih dalam proses upaya pemadaman.

"Pemadaman masih dilakukan oleh tim SAR gabungan dengan menggunakan Kapal Tugboat milik Pelindo dan Pertamina," terangnya.

Hingga saat ini belum diketahui penyebab pasti penyebab kebakaran Kapal Kargo Soemantri Brodjonegoro tersebut. Berdasarkan keterangan ABK pada pagi tadi tiba-tiba ada asap tebal dari salah satu bagian kapal.

Kontributor : Anang Firmansyah

Baca Juga: Kronologi Kapal Barang Bandar Lestari Terbakar Di Pelabuhan Sunda Kelapa

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait