alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Bantu Pengusaha Saat Pandemi Covid-19, Ganjar Dicurhati UMKM Hingga Gagal Buat Marketplace

Budi Arista Romadhoni Kamis, 09 Desember 2021 | 15:48 WIB

Bantu Pengusaha Saat Pandemi Covid-19, Ganjar Dicurhati UMKM Hingga Gagal Buat Marketplace
Tangkapan layar Ganjar Pranowo mengikuti acara Briefing Virtual Bangkit Bersama Jawa Tengah: Yang Lokal Yang Juara.

Ganjar Pranowo mengaku dicurhati pelaku UMKM pada awal pandemi Covid-19, hingga ia membuat marketplace untuk membantu mereka

SuaraJawaTengah.id - Pandemi Covid-19 membuat ekonomi di Jawa Tengah melemah. Apalagi perdagangan yang masih mengandalkan penjualan offline, makin terpuruk.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengaku diawal pandemi Covid-19 terdapat gejolak ekonomi yang luar biasa. Ia mengaku para pekaku UMKM protes dengan kebijakan yang diterapkan oleh pemerintah.

Menurut Ganjar masalah sumber penghasilan, masalah makanan, dan kredit perbankan membuat masyarakat gelisah.

"Awalnya pemerintah ini garang, semua curhat ke medsos saya. Semua rindu ingin dagangannya laku. Tidak masalah makan, tapi juga cicilan. Bekerja dari rumah, WFH membuat ribut semua," kata Ganjar pada acara Briefing Virtual Bangkit Bersama Jawa Tengah: Yang Lokal Yang Juara, Bareng Tokopedia Kamis (9/12/2021).

Baca Juga: Ganjar Ajak Anak Muda Jadi Agen Antikorupsi: Mak Izinkan Anakmu Jadi Musuh Koruptor

Untuk mengatasi tersebut, Ganjar mengaku mengajak pelaku UMKM di Jateng untuk memasarkan produknya secara digital.

"Kita ajak Digital, dipasarkan lewat online. Mayakinkan itu menjadi tantangan, untuk semua memasarkan secara digital," terangnya.

Menurut politisi PDIP itu menyebut tak mudah mengajak pelaku UMKM di Jawa Tengah untuk memasarkan produknya melalui online. Bahkan, pihaknya membuat marketplace sendiri.

"Kita buat marketplace sendiri, namun sama saja tidak laku. Maka waktu itu saya ke Gojek, ke Tokped. Akhirnya kami tawarkan, dan mudah sekali semua berjalan," ucap Ganjar.

Sementara itu Komisaris Tokopedia, Wishnutama menyebut Jawa Tengah memiliki potensi ekonomi yang sangat besar. Selain banyaknya UMKM, para kepala daerah juga mendukung untuk membantu pengusaha-pengusaha kecil.

Baca Juga: Ombudsman Temukan Pungli di Kota Semarang, dari Toilet dan Sewa Keranjang Ikan di TPI

"Jawa Tengah potensinya luar biasa, pak gubernurnya mendukung pro aktif. Apalagi tokopedia dan gojek jadi satu. Ekosistem kita semakin besar. Kita menjadi ekosistem yang bersatu. Yang lokal harus juara, kita berjuang untuk ini, kita punya mimpi untuk bangsa ini," jelas Wishnutama.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait