facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Petani di Temanggung Curhat Impor Bawang Putih Saat Panen, Presiden Jokowi Telepon Mendag

Ronald Seger Prabowo Selasa, 14 Desember 2021 | 20:46 WIB

Petani di Temanggung Curhat Impor Bawang Putih Saat Panen, Presiden Jokowi Telepon Mendag
Presiden Jokowi berdialog di tengah persawahan tanaman bawang dan mendengar curhatan petani soal impor bawang putih di Temanggung, Selasa (14/12/2021). [Foto: Rusman - Biro Pers Sekretariat Presiden]

Keluhan petani didengar langsung saat orang nomor satu di Indonesia itu, usai menanam bawang bersama petani di sebuah saung di Kabupaten Temanggung.

SuaraJawaTengah.id - Presiden Jokowi langsung menelpon Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi saat mendengar keluh kesah para petani.

Di mana keluhan petani didengar langsung saat orang nomor satu di Indonesia itu, usai menanam bawang bersama petani di sebuah saung di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah (Jateng), Selasa (14/12/2021).

Hal itu terjadi saat Jokowi berdialog di tengah persawahan tanaman bawang dan mendengar curhatan petani soal impor bawang putih.

Di mana impor tersebut menurut petani membuat harga anjlok akhir-akhir ini pada saat panen raya. Ditambah lagi dengan berlakunya Permendag Nomer 20 tahun 2021 tentang kebijakan dan pengaturan impor.

Baca Juga: Sebut Pemerkosaan Santri di Bandung Kejahatan Luar Biasa, Ini Instruksi Presiden Jokowi

Dalam permendag tersebut para pelaku impor produk holikultara (bawang putih) tidak memerlukan lagi rekomendasi impor produk hortikultura (RIPH), padahal salah satu syarat RIPH adalah wajib tanam bagi para pelaku importir, dengan kata lain “ wajib tanam akan terhapus”.

Hal ini yg membuat petani bawang putih semakin terpuruk. Sehingga kenyataan itu membuat petani setengah hati hingga enggan menanam bawang putih dalam negeri yang mempunyai kualitas terbaik.

Momen Jokowi langsung menelpon Mendag Muhammad Lutfi pun disaksikan petani. Serta ada Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dan Bupati Temanggung, Muhammad Al Khadziq.

"Pak Menteri, ini saya dengan para petani di Temanggung. Keluhan mereka semuanya sama, pada saat panen bawang putih itu impornya justru masuk, keluhannya selalu itu," terang Jokowi saat telp Mendag Muhammad Lutfi.

Dalam sambungan telepon di hadapan petani disela-sela berdialog, Mendag Muhammad Lutfi merespons keluhan tersebut. Bahkan dirinya berjanji akan mengirimkan tim untuk mengeceknya secara langsung keluhan tersebut.

Baca Juga: Negara Impor Bawang Putih Saat Petani Panen, Presiden Jokowi Langsung Hubungi Mendag

"Saya akan kirim tim untuk mengecek, Bapak," aku Lutfi menjawab telepon Jokowi.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait