facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Wow! Arus Lalu Lintas di Kota Solo Lebih Padat daripada Libur Natal 2019

Budi Arista Romadhoni Minggu, 26 Desember 2021 | 18:46 WIB

Wow! Arus Lalu Lintas di Kota Solo Lebih Padat daripada Libur Natal 2019
Ilustrasi kemacetan lalu lintas. Volume kendaraan yang masuk dan keluar Kota Solo pada momentum Natal tahun ini meningkat dibandingkan tahun lalu. Bahkan, volume kendaraan naik tipis dibandingkan Natal 2019. (Sumber: Shutterstock)

Volume kendaraan yang masuk dan keluar Kota Solo pada momentum Natal tahun ini meningkat dibandingkan tahun lalu. Bahkan, volume kendaraan naik tipis dibandingkan Natal 2019

SuaraJawaTengah.id - Natal 2021 dan tahun baru 2022 dimanfaatkan sebagian masyarakat untuk pulang kampung dan berlibur. Hal itu terlihat di wilayah Kota Solo

Volume kendaraan yang masuk dan keluar Kota Solo pada momentum Natal tahun ini meningkat dibandingkan tahun lalu. Bahkan, volume kendaraan naik tipis dibandingkan Natal 2019.

Keramaian tersebut diprediksi masih terlihat hingga pekan depan atau menjelang Tahun Baru 2022.

Kabid Lalu Lintas Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Solo, Ari Wibowo, mengatakan kenaikan volume kendaraan itu terjadi pada 21-25 Desember 2021. Kepadatan arus lalu lintas mulai turun pada Minggu (26/12/2021).

Baca Juga: Objek Wisata Malino Tetap Buka Saat Libur Natal dan Tahun Baru

“Meski ada imbauan untuk tidak mudik atau berpergian, potensi pergerakan masyaakat tetap bisa terjadi. Kami kan tidak bisa melarang masyarakat yang hendak bepergian khususnya mereka yang berstatus pegawai swasta. Jadi pergerakan masih mungkin terjadi,” kata Ari dikutip dari Solopos.com, Minggu (26/12/2021).

Ari menyampaikan kenaikan volume kendaraan masuk dan keluar Kota Solo pada momen Natal tahun ini bisa disebabkan karena beberapa hal.

Salah satunya, lalu lintas sudah kembali normal dan jumlah lokasi penghitungan kendaraan di batas kota yang sebelumnya di lima lokasi, pada 2021 ditambah lagi dua lokasi.

Lima lokasi itu meliputi Jurug, Dawung, Klodran, Kleco dan ring road, kemudian tambahan dua lokasinya adalah Tugu Makutha dan Jongke. “Kalau di banding 2020, kenaikannya susah dijadikan patokan karena saat itu kasus Covid-19 sedang tinggi-tingginya,” beber Ari.

Berdasarkan rekap data sirkulasi lalu lintas Natal dan Tahun Baru dalam tiga tahun terakhir, diprediksi pergerakan masyarakat bakal lebih tinggi daripada dua tahun sebelumnya. Pergerakan kendaraan yang tercatat keluar masuk Solo pada periode 21-31 Desember 2019 mencapai 4,4 juta kendaraan.

Baca Juga: Ragunan Disebu Pengunjung pada Libur Natal 2021

Puncak Arus Mudik dan Balik

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait