facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Kocak! Ayam Asal Banjarnegara Ini Viral Disebut Berkokok "Jokowi"

Ronald Seger Prabowo Senin, 31 Januari 2022 | 15:32 WIB

Kocak! Ayam Asal Banjarnegara Ini Viral Disebut Berkokok "Jokowi"
Ilustrasi ayam jantan. [Pixabay/rmac8oppo]

Banyak masyarakat yang heran dengan ayam yang berkokok tidak seperti ayam pada umumnya.

SuaraJawaTengah.id - Sebuah video kembali viral di media sosial instagram. Video tersebut memperlihatkan seekor ayam jantan berkokok seperti menyebut nama "Jokowi".

Sontak hal itu membuat geger masyarakat Banjarnegara, Jawa Tengah. Banyak masyarakat yang heran dengan ayam yang berkokok tidak seperti ayam pada umumnya.

Pemilik ayam tersebut, Ranu Satya Darmawan menyebut, dia tidak pernah mengira bahwa ayam yang menetas di kandangnya akan berbeda dengan ayam lainnya. Pasalnya, hanya satu ekor ayam yang berkokok aneh meski dari indukan yang sama.

"Cuma ini yang aneh, yang lainnya sama seperti ayam pada umumnya," kata dia kepada Suarajawatengah.id, Senin (31/1/2022).

Baca Juga: Sejak PTM 100 Persen, Belasan Siswa di Banjarnegara Positif Covid-19

Ayam unik tersebut merupakan jenis ayam jawa yang berbulu putih dan ber-jengger merah. Ranu menceritakan keanehan ayamnya justru disadari oleh tetangga.

"Jadi waktu usia sekitar 8 bulan waktu ayam pertama kali berkokok itu tetangga denger, terus katanya kok beda berkokok nya. Orang orang mendengar ayam berkokok seperti menyebut nama presiden Indonesia, Jokowi alias Joko Widodo," jelas dia.

Tak lama kemudian, Ranu dan tetangganya merekam video ayam tersebut dan diunggah ke status WhatsApp. Tak disangka, video tersebut tersebar dan banyak masyarakat yang penasaran.

"Direkam terus buat story, eh viral," ujar dia.

Bahkan, lanjutnya, saking penasarannya ada masyarakat yang sengaja datang ke rumah ranu yang berada di desa Sijeruk, Kecamatan Banjarmangu, untuk melihat langsung ayam unik tersebut.

Baca Juga: Sampai Cuma Bisa Istighfar, Warganet Ini Niat Beli Ayam Goreng, yang Datang Malah 'Gombal Crispy'

"Ada yang sengaja datang melihat ayam ke rumah, terus mereka juga ikut merekam," sambung dia.

Ranu mengungkapkan, ayam yang sudah berusia tiga tahun tersebut nyaris disembelih. Namun niat itu diurungkan oleh tetangga.

"Lebaran kemarin sempat mau dipotong, tapi banyak tetangga yang bilang 'jangan dipotong', sayang itu suara ayamnya unik', akhirnya nggak jadi dipotong," jelas dia.

Kontributor : Citra Ningsih

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait