facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Meski Tak Melejit Seperti Ganjar dan Anies, Ridwan Kamil Bisa Jadi Calon Kuda Hitam di Pilpres 2024

Budi Arista Romadhoni Jum'at, 08 April 2022 | 18:05 WIB

Meski Tak Melejit Seperti Ganjar dan Anies, Ridwan Kamil Bisa Jadi Calon Kuda Hitam di Pilpres 2024
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyerahkan uang hasil penjualan lukisan milik penjual lukisan di Jalan Braga, Kota Bandung, yang ia bantu penjualannya lewat NFT (Non-Fungible Tokens) Opensea. Nama Ridwan Kamil patut diperhitungkan di Pilpres 2024. Meski tak melejit seperti Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan, Gubernur Jawa Barat bisa menjadi kuda hitam. [ANTARA/HO-Humas Pemprov Jabar]

Nama Ridwan Kamil patut diperhitungkan di Pilpres 2024. Meski tak melejit seperti Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan, Gubernur Jawa Barat bisa menjadi kuda hitam

SuaraJawaTengah.id - Nama Ridwan Kamil patut diperhitungkan di pemilihan presiden (Pilpres) 2024. Meski tak melejit seperti Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan, Gubernur Jawa Barat bisa menjadi kuda hitam dan mengubah peta politik yang sudah direncanakan. 

Survei terbaru yang dilaksanakan Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) bertajuk "Prospek Presiden 2024" Updated Survei Nasional: 13-20 Maret 2022 menunjukkan posisi Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil sebagai tokoh yang disukai publik masih tinggi.

Peneliti SMRC Sirodjudin Abbas, mengatakan faktor yang elementer seseorang dalam memilih calon presiden adalah psikologi memilih: tahu dan suka dengan yang diketahuinya tersebut.

"Tahu saja tidak cukup. Tahu kalau tidak suka tidak akan berujung ke memilih. Karena itu 'suka' adalah indikasi lebih mendalam untuk menjelaskan mengapa orang memilih seorang calon," kata Abbas dikutip dari ANTARA Jumat (8/4/2022). 

Baca Juga: Hadapi Pilpres, Gerindra: Prabowo Utamakan Subtansi Ketimbang Gimmick Politik Cuma Buat Survei

SMRC menuturkan Ridwan Kamil dinilai responden sebagai tokoh paling disukai di antara nama-nama yang beredar dan disebut-sebut sebagai bakal calon presiden. Meski di atasnya masih ada Prabowo, Ganjar, dan Anies Baswedan.

"Sejumlah nama tingkat kedikenalannya sementara masih rendah di bawah 80 persen tapi kedisukaannya relatif tinggi di atas 80 persen antara lain Ganjar tahu 69 persen, suka 81 persen, Khoffifah, tahu 49 persen, suka 80 persen, dan Ridwan Kamil tahu 65 persen, suka 84 persen," tuturnya.

Menurut dia popularitas dan elektabilitas Gubernur Jawa Barat tetap stabil meski konstelasi survei masih mendudukan Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan dalam tiga besar Calon Presiden.

"Kuantitas dan kualitas popularitas masing-masing, berimplikasi terhadap elektabilitas mereka," kata dia
 

Dalam format pertanyaan semi terbuka dimana responden diberikan daftar 43 nama untuk dipilih dan boleh memilih nama lain di luar daftar Ganjar mendapat dukungan 18,1 persen, seimbang dengan Prabowo 17,6 persen berikutnya Anies Baswedan 14,4 persen, Ridwan Kamil 3,9 persen, AHY 3,5 persen, Megawati 3,1 persen, Ahok 3 persen dan nama-nama lain di bawah 3 persen, dan yang belum tahu 13,7 persen.

Baca Juga: Duet Anies-Puan di Pilpres 2024 Ternyata Paling Difavoritkan Versi Hasil Survei indEX

"Kalau kita lihat tren setahun memang Ridwan Kamil atau RK stabil masuk lima besar lah yah. Itu kalau dllihat dari pertengahan tahun lalu konsisten di kisaran lima besar. Prabowo, Ganjar, Anies, RK," katanya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait