facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Gus Dur Dianggap Tidak Lulus Kuliah di Al-Azhar, Gus Mus Ungkap Fakta Menarik Ini

Budi Arista Romadhoni Selasa, 19 April 2022 | 11:33 WIB

Gus Dur Dianggap Tidak Lulus Kuliah di Al-Azhar, Gus Mus Ungkap Fakta Menarik Ini
Ilustrasi Gus Dur. Ulama asal Rembang, K.H Mustofa Bisri Alias Gus Mus membongkar fakta soal Gus Dur kerap disebut tidak lulus kuliah dari Al-Azhar. [NU.or.id]

Ulama asal Rembang, K.H Mustofa Bisri Alias Gus Mus membongkar fakta soal Gus Dur kerap disebut tidak lulus kuliah dari Al-Azhar

SuaraJawaTengah.id - Semasa hidupnya, mantan presiden Indonesia keempat Abdurahman Wahid alias Gus Dur pernah disebut tidak lulus kuliah dari Al-Azhar, Mesir. 

Namun, pengasuh Pondok Pesantren Raudlatut Thalibin, Leteh, Rembang, K.H Mustofa Bisri alias Gus Mus membantah kalau Gus Dur tidak lulus dari Al-Azhar. 

Melalui unggahan video di kanal youtube Akal Sehat, Gus Mus menyebut kalau Gus Dur itu keluar dari Al-Azhar saat pertama kali masuk dengannya. 

"Banyak yang mengatakan kalau Gus Dur tidak lulus di Al-Azhar itu salah. Tanyakan kiai Sanusi itu salah, dia (Gus Dur) memang tidak kuliah," kata Gus Mus. 

Baca Juga: Meski Sering Bersebrangan, Menantu Gus Mus Kutuk Keras Pelaku Pengkeroyokan Ade Armando

Kemudian Gus Mus bercerita saat dirinya hendak kuliah di fakultas baru Al-Azhar. Tiba-tiba Gus Dur menghampirinya dan ikut mendaftar di fakultas yang sama dengan Gus Mus. 

"Jadi waktu itu Gus Dur tanya ke saya, sampean kuliah dimana? Saya jawab kuliah di fakultas yang baru dibuka ini. Dia (Gus Dur) tidak tanya apa-apa, dia langsung bilang saya ikut gitu," kenang Gus Mus. 

Lalu setelah masuk, menurut Gus Mus saat itu Gus Dur terkejut melihat mata pelajaran yang ada di fakultas tersebut ternyata sama dengan apa yang dipelajarinya di pesantren. 

Dengan begitu, Gus Dur pun pada akhirnya memilih keluar dan tidak melanjutkan kuliah di fakultas yang sama dengan Gus Mus. 

"Begitu masuk, lihat mata pelajaran. Dia bilang, kok pelajarannya sama seperti di pesantren. Ini ngabis-ngabisin umur," tandas Gus Mus. 

Baca Juga: Viral Pendeta Saifuddin Sebut Gus Dur Tak Pernah Salat sejak Lengser Jadi Presiden

Sontak saja cerita Gus Mus itu menuai perhatian dari warganet di kolom komentar. Sebagian besar dari mereka mengaku merindukan sosok Gus Dur. 

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait