facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Satu Rumah Terbakar di Purwokerto, Remaja Berkebutuhan Khusus Tewas Terkepung Api

Ronald Seger Prabowo Senin, 23 Mei 2022 | 16:45 WIB

Satu Rumah Terbakar di Purwokerto, Remaja Berkebutuhan Khusus Tewas Terkepung Api
Petugas Inafis Polresta Banyumas tengah mengidentifikasi korban terbakar yang masih berada di dalam kamarnya di Kelurahan Rejasari, Kecamatan Purwokerto Barat, Kabupaten Banyumas, Senin (23/5/2022). [Suara.com/Anang Firmansyah]

Peristiwa kebakaran tersebut menyebabkan dua penghuni rumah dilahap si jago merah.

SuaraJawaTengah.id - Sebuah rumah yang berada di kawasan permukiman padat penduduk, RT 01/RW 03, Kelurahan Rejasari, Kecamatan Purwokerto Barat, Kabupaten Banyumas ludes terbakar, Senin (23/5/2022) siang.

Peristiwa kebakaran tersebut menyebabkan dua penghuni rumah dilahap si jago merah. Satu diantaranya ditemukan meninggal dunia di kamar rumahnya atas nama Fais Nur Ramadan (15).

Seorang saksi mata yang juga tetangga korban, Rahmat Kurnia (55) menjelaskan, api mulai terlihat pada pukul 13.45 WIB. Pada saat itu, dirinya tidak menyadari jika sebelah rumahnya dalam kondisi terbakar.

"Pada saat itu, istri saya mendengar Fais menjerit-jerit. Karena ini Fais memiliki kebutuhan khusus jadi biasa juga dia jerit-jerit. Tapi istri saya tadi kok filingnya jeritnya berbeda," katanya saat ditemui di lokasi, Senin (23/5/2022).

Baca Juga: 20 Daerah di Nusa Tenggara Timur Dapat Peringatan Bahaya Kebakaran Hutan dan Lahan

Saat itu, istrinya meminta pertolongan ke tetangga. Ketika kembali, dan melihat dari dapur, kondisi api sudah menyala di atas rumah. Barulah saat itu warga menyadari bahwa rumah tersebut kebakaran.

Warga menduga api muncul karena korsleting listrik. Pasalnya, Fais kerap bermain kabel listrik. Bahkan kerap kali ia menjumpai Fais tengah tersengat listrik.

"Jadi Fais ini suka mainin listrik. Ada hal-hal yang baru dan aneh dia pasti ingin tahu. Kabel listrik itu sudah saya naikkan ke atas supaya jangan terjangkau dia. Mungkin tadi dia mainan lagi. Terus akses pintu keluar cuma satu jadi dia ga bisa keluar karena api sudah penuh mungkin di sini (kamarnya)," terangnya.

Selain Fais, nenek korban juga turut menjadi korban. Namun ia berhasil menyelamatkan diri dengan berlari keluar melalu pintu depan ketika api belum menyebar. Ibu dan adiknya yang berumur 1,5 tahun selamat karena sedang berada di luar rumah ketika kejadian.

"Mbahnya ini mungkin lagi tidur. Tapi karena memang pintu belum terbakar jadi si Mbah masih bisa keluar. Awalnya kita tidak tahu jika Fais masih di sini (kamar). Terus ibunya manggil-manggil. Ibunya kan lagi dolan ke tetangga. Begitu ada suara teriak-teriak ibunya pulang manggil-manggil Fais," jelasnya.

Baca Juga: Kantor BKPSDM Kapuas Hulu Terbakar 8.013 Data Pegawai Termasuk SK CPNS Hangus Terbakar

Menurut keterangan warga, api terbakar kurang dari satu jam. Warga bergotong-royong memadamkan api karena kondisi rumah yang masuk ke dalam gang dan bisa dijangkau mobil pemadam kebakaran.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait