facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Baterai Ponsel Bermasalah, Ini Empat Keselahan yang Menjadi Penyebabnya

Budi Arista Romadhoni Sabtu, 18 Juni 2022 | 15:35 WIB

Baterai Ponsel Bermasalah, Ini Empat Keselahan yang Menjadi Penyebabnya
Ilustrasi ponsel. Ini empat penyebab baterai ponsel bermasalah seperti cepat habis (drop) meski sudah diisi ulang penuh 100 persen. (Pixabay/stevepb)

Ini empat penyebab baterai ponsel bermasalah seperti cepat habis (drop) meski sudah diisi ulang penuh 100 persen

SuaraJawaTengah.id - Baterai penuh terisi sampai 100 persen adalah hal yang melegakan karena pengguna bisa leluasa beraktivitas tanpa khawatir ponsel kehabisan daya.

Sayangnya, hal-hal sepele bisa menyebabkan baterai ponsel bocor. Akibatnya, baterai ponsel cepat habis (drop) meski sudah diisi ulang penuh 100 persen.

Samsung Electronics Indonesia,  pada Sabtu (18/6/2022), menjelaskan ada empat kebiasaan buruk yang menyebabkan baterai ponsel bocor.

1. Kesalahan saat mengecas

Baca Juga: Daya Beli Rendah di Kuartal Pertama 2022, Pasar Ponsel Indonesia Melemah

Satu kebiasaan buruk yang jelas bisa merusak baterai adalah menggunakan ponsel saat sedang diisi daya. Aktivitas ini bisa membuat perangkat panas, jika dilakukan terus menerus bisa menyebabkan baterai rusak.

Ketika ponsel sedang dicas, sebaiknya gunakan ponsel jika memang mendesak saja. Jika tidak sabar menunggu ponsel yang dicas, pilih ponsel yang memiliki teknologi pengisian daya cepat (fast charging).

Samsung juga melihat mengisi daya sampai 100 persen adalah kurang tepat, tidak baik bagi usia paterai. Ia menyarankan mengisi daya ketika baterai ponsel berada di angka 30 persen dan berhenti di kisaran 80 sampai 85 persen.

Beberapa ponsel dilengkapi dengan fitur proteksi, yaitu membatasi pengisian daya hanya sampai 85 persen. Pada ponsel Samsung, kunjungi Battery and Device Care di setelan, kemudian pilih "more battery settings".

Nyalakan fitur "protect battery" untuk membatasi pengecasan sampai 85 persen.

Baca Juga: Duh! Daya Beli Rendah, Penjualan Ponsel di Indonesia Melemah

2. Pasang aplikasi sembarangan

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait