facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Wow! Plt Dubes Malaysia Temui Ganjar Pranowo, Bicara Potensi Kerjasama Energi Hijau dan Pangan

Budi Arista Romadhoni Selasa, 05 Juli 2022 | 17:36 WIB

Wow! Plt Dubes Malaysia Temui Ganjar Pranowo, Bicara Potensi Kerjasama Energi Hijau dan Pangan
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat bertemu dengan Plt Dubes Malaysia untuk Indonesia, Adlan Mohd Shaffieq di Rumah Dinasnya, Semarang, Selasa (5/7/2022). [Dok Pemprov Jateng]

Gubernur Ganjar Pranowo dan Plt Dubes Malaysia untuk Indonesia membahas potensi kerjasama antara kedua negara, salah satunya masalah pangan

SuaraJawaTengah.id - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyambut baik kedatangan Plt Dubes Malaysia untuk Indonesia, Adlan Mohd Shaffieq di rumah jabatan gubernur, Selasa (5/7/2022). Potensi kerjasama dibicarakan mulai dari energi hingga pangan.

Adlan dan Ganjar terlibat obrolan asyik selama satu jam. Keduanya membahas potensi kerjasama antara Indonesia dan Malaysia. Salah satunya adalah perkembangan kawasan industri di Batang. Adlan mengatakan, ada banyak potensi kerjasama yang bisa dilakukan.

"Tadi (diskusi) tentang penguatan korporasi dan kolaborasi antara dua negara dan perusahaan Malaysia khususnya di Jawa Tengah. Ada banyak kesempatan kerjasama dalam bidang energi hijau, dalam hal pembangunan, kolaborasi pangan," ujar Adlan usai perjumpaannya.

Adlan menyampaikan apresiasi tinggi pada Ganjar yang bersedia menemuinya. Pada kesempatan itu pula, Adlan mengatakan dalam waktu dekat akan segera ada pejabat definitif Dubes Malaysia untuk Indonesia.

Baca Juga: Hasil Malaysia Masters 2022: 4 Wakil Indonesia Melaju ke Babak Utama

"Sekali lagi terimakasih pak gubernur atas waktunya dan ternyata kita punya pembahasan yang sangat bagus," ujarnya.

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengatakan, Indonesia dan Malaysia sama potensinya dalam pengembangan energi dan pangan. Situasi geopolitik dunia perlu disikapi dengan cermat.

"Maka kerjasama antar Indonesia Malaysia mesti lebih ditingkatkan," tegasnya.

Peningkatan kerjasama dan konsolidasi, lanjut Ganjar, antara lain pengembangan sumber daya alam yang dimiliki ke dua negara yang tergabung di ASEAN. Terutama kelapa sawit.

"Kita bisa saling support untuk kita bisa punya daya tahan tinggi sehingga negara-negara asean dalam konteks energi dan pangan punya resilience, punya ketangguhan," ujarnya.

Baca Juga: Survei CiGMark: Ganjar Tempati Posisi Pertama Calon Presiden, Kalahkan Prabowo dan Anies

Dengan visi tersebut, Ganjar optimis negara di Asean akan bisa lebih tangguh menghadapi pergolakan yang terjadi di dunia. Sehingga tidak bergantung pada dominasi satu atau dua negeri saja.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait