Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Penasaran dengan Sorgum, KSP Moeldoko Jajal Aneka Masakan di SMK PGRI 2 Kudus

Budi Arista Romadhoni Jum'at, 12 Agustus 2022 | 15:17 WIB

Penasaran dengan Sorgum, KSP Moeldoko Jajal Aneka Masakan di SMK PGRI 2 Kudus
Kepala Staf Presiden Jenderal TNI (Purn) Moeldoko berkunjung langsung ke SMK PGRI 2 Kudus binaan Jiva Bestari untuk menyaksikan pengolahan Sorgum menjadi makanan lezat. [Suara.com/Budi Arista]

Kepala Staf Presiden Jenderal TNI (Purn) Moeldoko berkunjung langsung ke SMK PGRI 2 Kudus binaan untuk menyaksikan pengolahan Sorgum menjadi makananan lezat

SuaraJawaTengah.id - Pemerintah terus melakukan upaya untuk mencukupi pangan dalam negeri. Apalagi dampak dari perang Rusia dan Ukraina membuat harga gandum mengalami kenaikan.

Sejumlah antisipasi pun dilakukan untuk mencegah adanya krisis pangan. Salah satunya mengenalkan Sorgum sebagai alternatif pengganti nasi.

Kepala Staf Kepresidenan Jenderal TNI (Purn) Moeldoko berkunjung langsung ke SMK PGRI 2 Kudus binaan Jiva Bestari untuk menyaksikan pengolahan Sorgum menjadi makanan lezat.

"Saya fokus ke Sorgum, datang ke sini saya hanya ingin melihat respon sorgum. Kita lihat berbagai macam masakan, mulai dari cake, makanan pengganti beras dijadikan nasi goreng. Luar biasa," kata Moeldoko usai mencicipi masakan Sorgum di SMK PGRI 2 Kudus Jumat (12/8/2022).

Baca Juga: Terkait Kasus Brigadi J Diduga 25 Anggota Polri Langgar Kode Etik, Moeldoko: Tuntaskan

Tidak itu saja, mantan Panglima TNI itu juga mencicipi olahan Sorgum menjadi makanan ringan.

"Kemudian juga dijadikan tepung sorgum, digunakan sebagai pengganti tepung biasa dan dimasak sebagai pisang goreng, bakwan, dan bubur sumsum. Crispynya terasa sangat tinggi, saat makan pertama bubur sumsum juga lebih padat. Lebih cepet kenyang," ujarnya.

KSP Moeldoko menyebut, kandungan Sorgum juga lebih sehat. Apalagi jika dikonsumsi oleh masyarakat yang sedang melakukan diet.

"Ada catatan lebih penting lagi bagi kita, ternyata kandungan gulanya jauh lebih rendah. Kalau tepung atau nasi biasa 22 persen, sorgum 2 persen. Selain itu karbohidrat dan kalorinya juga cukup rendah. Ini sangat baik untuk diet," ucapnya.

Diketahui, Sorgum adalah tanaman serbaguna yang dapat digunakan sebagai sumber pangan, pakan ternak dan bahan baku industri.

Baca Juga: Luhut Usul Perwira Aktif TNI Bisa Bertugas di Kementerian/Lembaga, Moeldoko: Itu Baru Diskursus

Sebagai bahan pangan, sorgum berada pada urutan ke-5 setelah gandum, jagung, padi, dan jelai. Sorgum merupakan makanan pokok penting di Asia Selatan dan Afrika sub-sahara.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait