Mengelola Stres dan Berpikir Positif Bisa Mencegah Insomnia, Ini Penjelasan Dokter

Mengelola stres dan berpikiran positif sangat penting untuk membantu mencegah insomnia atau gangguan tidur

Budi Arista Romadhoni
Kamis, 17 November 2022 | 14:13 WIB
Mengelola Stres dan Berpikir Positif Bisa Mencegah Insomnia, Ini Penjelasan Dokter
Insomnia. Mengelola stres dan berpikiran positif sangat penting untuk membantu mencegah insomnia atau gangguan tidur. (istockphoto)

SuaraJawaTengah.id - Insomania menjadi masalah sebagian orang. Hal itu tentu membuat kehidupan tidak nyaman. 

Dokter spesialis penyakit dalam M. Syah Abdaly Sp.PD mengatakan mengelola stres dan berpikiran positif sangat penting untuk membantu mencegah insomnia atau gangguan tidur.

"Kuncinya positif thinking, kalau kita pikiran negatif melulu akan kebawa dalam emosi sehingga menyebabkan kita menjadi berdebar-debar dan susah tidur," ucap Syah dikutip dari ANTARA di Jakarta, Kamis (17/11/2022).

Ia mengatakan stres tidak bisa dihindari dan tidak mudah selalu berpikiran positif, maka mengelola stres sangat dibutuhkan agar tidur tidak terganggu. Salah satunya dengan konsultasi ke psikolog atau psikiatri untuk membantu jika ada masalah yang tidak bisa diselesaikan sendiri.

Baca Juga:Ahmad Dhani Stres Kalau Nggak Bisa Begituan, Memang Dampak Puasa Seks Sebesar Itu?

Selain itu, masalah kejiwaan seperti gangguan kecemasan atau depresi juga bisa menyebabkan insomnia atau baru saja mengalami kejadian yang bersifat traumatis seperti menghadapi saudara atau orang terdekat meninggal. Mengidentifikasi penyebab insomnia dibutuhkan agar pasien bisa mendapat terapi yang baik dan mengubah perilaku dan kognitif pasien untuk mengatasi masalah tidur.

"Karena nanti ending-nya orang yang suka insomnia pengobatannya adalah bukan obat tidur, pengobatannya adalah mengobati penyebabnya. Jadi bukan semata-mata susah tidur dikasih obat tidur," ucap Abdaly.

Sementara itu, dari sisi usia Abdaly mengatakan biasanya lansia banyak yang mengalami gangguan tidur, dan wanita lebih rentan terkena insomnia dibanding dengan laki-laki. Selain itu, adanya penyakit komorbid seperti obestitas, penyakit jantung, stroke, penyakit paru-paru kronik karena merokok dan konsumsi obat-obatan juga menjadi penyebab terjadinya insomnia.

Ia pun menyarankan untuk menjalani pola hidup sehat untuk mengurangi dan mencegah insomnia, salah satunya mengonsumsi buah-buahan, madu, teh seperti chamomile, biji pala dan kacang almond yang bisa meningkatkan hormon melatonin yaitu hormon yang dibentuk untuk mengatur siklus tidur.

"Ada buah-buahan yang berhubungan dengan meningkatnya hormon melatonin yang membantu kita untuk tidur contoh nanas, kiwi, jeruk itu ternyata cukup membantu untuk kita tidur," ucap Abdaly.

Baca Juga:4 Tanda Kalau Kamu Sebenarnya Lagi Stres, Menyadarinya?

Ia juga mengatakan konsumsi ikan dan ayam juga bisa membantu mengatasi sulit tidur dan bisa membantu tidur lebih cepat karena kedua sumber protein ini mengandung triptofan yang berguna untuk memproduksi hormon melatonin.

Lifestyle

Terkini

Adalah Sahabat dekatnya, Dimas Beck yang membongkar bahwa si Sultan Andara ini wajib ganti mobil setiap tahunnya.

News | 17:01 WIB

Acara penutupan dilakukan dengan kegiatan sholawatanbertajuk Pospenas Bersholawat di Benteng Vastenburg mulai pukul 19.00 WIB.

News | 15:31 WIB

Mayat ini ditemukan oleh nelayan pada saat menarik jaring.

News | 14:04 WIB

Dugaan pemerasan itu dilakukan kepada seorang pengusaha di Kota Semarang, Agus Hartono.

News | 12:53 WIB

Terlihat apii menyala cukup besar hingga merembet beberapa meter ke sisi kiri dan kanan depan bangunan.

News | 12:14 WIB

Betapa terkagetnya wanita itu saat melihat mayat terbujur kaku yang tergelatak hingga mengundang kedatangan warga.

News | 11:06 WIB

Dalam berbagai kasus mafia hukum yang terjadi di Indonsesia, Mahfud MD juga menyinggung keberadaan jaksa hingga polisi.

News | 10:18 WIB

Dengan mulai dibangunnya jalur wisata Baturraden-Serang-Belik, daerah wisata di Kabupaten Banyumas-Purbalingga dan Pemalang akan saling terintegrasi.

News | 19:44 WIB

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menegaskan program Tuku Lemah Oleh Omah terus berjalan. Menurutnya program itu bisa direplikasi dalam situasi kebencanaan

News | 19:24 WIB

Pembebasan lahan menjadi kendala pada pelaksanaan Proyek Tol Semarang-Demak seksi 1. Untuk itu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo membentuk tim khusus

News | 19:17 WIB

Meskipun mendominasi jalannya laga sejak menit awal, PSIS Semarang harus mengakui keunggulan PSIM

News | 19:06 WIB

DKI berhasil mengalahkan perwakilan tuan rumah Jawa Tengah lewat adu penalti, 5-4.

News | 18:16 WIB

Pesepak bola Pratama Arhan dikabarkan pulang kampung ke tanah kelahirannya di Blora, Jawa Tengah

News | 18:09 WIB

Membahas kesetaraan gender, Cinta Laura Kiehl menyentil soal feminisme di Indonesia

News | 16:07 WIB

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memiliki program unik dalam membantu warganya memiliki rumah. Yaitu "Tuku Lemah Oleh Omah"

News | 15:08 WIB
Tampilkan lebih banyak