Gibran Ajak Jan Ethes Ikuti Upacara Pembukaan Pospenas IX

Menteri Agama menolak untuk diwawancarai wartawan. Dia langsung masuk mobil lalu meninggalkan kawasan Manahan.

Siswanto
Kamis, 24 November 2022 | 13:13 WIB
Gibran Ajak Jan Ethes Ikuti Upacara Pembukaan Pospenas IX
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka bersama Jan Ethes Srinarendra di Stadion Manahan, Solo, Rabu (23/11/2022). (Solopos/Wahyu Prakoso)Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka bersama Jan Ethes Srinarendra di Stadion Manahan, Solo, Rabu (23/11/2022). (Solopos/Wahyu Prakoso)

SuaraJawaTengah.id - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengajak putra sulungnya, Jan Ethes Srinarendra, untuk mengikuti upacara pembukaan Pekan Olahraga dan Seni Antar-Pondok Pesantren Tingkat Nasional IX di Stadion Manahan, Solo, Rabu (23/11/2022), malam.

Laporan Solopos.com menyebutkan Gibran, Ethes, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, dan Sekretaris Daerah Jateng Sumarno menghadiri acara pembukaan event olahraga santri tingkat nasional itu sekitar pukul 20.00 WIB.

Selesai acara mereka meninggalkan stadion sekitar pukul 22.00 WIB, meski saat itu acara belum rampung. Masih ada penampilan Agus Purwanto yang dikenal dengan nama panggung Abah Lala dan Woro Widayati.

Abah Lala dan Woro masing-masing menyanyikan tiga lagu. Selanjutnya penampilan Abah Lala dan Woro bernyanyi bersama melantunkan Pamer Bojo menutup rangkaian upacara pembukaan Pospenas IX yang dihadiri Gibran dan Ethes di Stadion Manahan Solo.

Baca Juga:Mengapa Gibran Didatangi Banyak Tokoh Politik Nasional?

Menteri Agama menolak untuk diwawancarai wartawan. Dia langsung masuk mobil lalu meninggalkan kawasan Manahan.

Sedangkan Gibran dan Ethes berfoto dengan sejumlah orang, tak lama kemudian mereka juga meninggalkan Stadion Manahan.

Sebelumnya, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengatakan santri bisa menjadi apa saja. Pospenas IX menjadi ajang bagi santri mempraktikkan sportivitas dan kejujuran.

“Santri dikenal bisa menjadi apa saja, bisa menjadi presiden, wakil presiden, santri bisa menjadi menteri, gubernur, bupati, wali kota, santri bisa menjadi atlet kebanggaan Indonesia,” kata dia.

Menurut dia, Pospenas IX menjadi ajang para santri untuk menjadi atlet dan juara baik olahraga dan seni tingkat internasional. Sportivitas dan kejujuran menjadi paling utama pada kompetisi tiga tahunan tersebut.

Baca Juga:Wajah Asli Gibran Disebut Glowing Saat Bawa Obor Pospenas di Solo, Netizen: Spill Skin Care Dong

“Sportivitas dan kejujuran itulah yang diajarkan para kiai di pondok pesantren. Praktikkan itu di sini, pelajari apa yang diajarkan kiai,” kata dia.

Pesan Menteri Agama

Dia berpesan kepada wasit serta official supaya tidak mengajarkan ketidakjujuran kepada para santri. Pospenas IX mengusung tema Gerak Santri, Bangkit Negeri sesuai upaya negara serta pemerintah bangkit pasca pandemi Covid-19.

Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kemenag, Muhammad Ali Ramdhani, mengaku senang para santri dapat bertanding di Stadion Manahan yang berkelas Internasional. Namun arti Pospenas lebih dari itu, yaitu memupuk persatuan, persahabatan dan persaudaraan antar santri serta membangkitkan santri untuk untuk menjaga NKRI.

“Karena masih pandemi, Pospenas 2022 digelar tetap dengan menerapkan protokol kesehatan. Seluruh atlet sudah divaksin dan swab antigen,” katanya. 

Pospenas adalah ajang tiga tahunan yang diinisiasi Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kemenag. Penyelenggaraannya melalui kerja sama kolaboratif antarkementerian sesuai dengan nota kesepahaman antara Menteri Agama, Menteri Pemuda dan Olahraga, Menteri Dalam Negeri, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, dan Menteri Pariwisata.

Berdasarkan data Kemenag, terdapat 4,5 juta pondok pesantren yang menaungi 37,6 juta santri. Yang turun di arena Pospenas IX kali ini adalah 2.867 santri dari 34 provinsi yang memperebutkan 312 trofi dari 12 cabang olahraga dan seni yang dipertandingkan.

Di antaranya atletik (lari, lompat jauh, tolak peluru), senam santri, senam SKJ, tenis meja, sepak bola, pencak silat, pidato tiga bahasa, film pendek, kaligrafi, hadrah, dan stand up commedy. 

News

Terkini

Pesepak bola Pratama Arhan dikabarkan pulang kampung ke tanah kelahirannya di Blora, Jawa Tengah

News | 18:09 WIB

Membahas kesetaraan gender, Cinta Laura Kiehl menyentil soal feminisme di Indonesia

News | 16:07 WIB

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memiliki program unik dalam membantu warganya memiliki rumah. Yaitu "Tuku Lemah Oleh Omah"

News | 15:08 WIB

Pengungkapan kasus pembunuhan ASN Pemkot Semarang masih menjadi misteri. Hingga kini, pelaku utama pembunuhan tersebut belum juga terungkap

News | 14:52 WIB

Edukasi keuangan digital menjadi hal yang wajib dipelajari. Apalagi kini pembayaran tunai mulai dialihkan

News | 14:45 WIB

Pegiat media sosial Permadi Arya alias Abu Janda mengecam umat muslim soal dukungan kepada Negara Qatar terhadap LQBT

News | 14:28 WIB

Curah hujan yang tinggi memberikan dampak terhadap pertanian. Hal itu terjadi di Kabupaten Kudus, ratusan hektar lahan pertanian terendam banjir

News | 11:37 WIB

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menegaskan peningkatan sumberdaya manusia penting didorong. Sehingga tidak ada lagi suara miring tentang keberadaan tenaga kerja asing

News | 11:02 WIB

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyorot kesejahterakan guru honorer, ia meminta kepala daerah memberikan upah yang layak minimal UMK

News | 10:51 WIB

Kepala BPOM, Dr. Ir. Penny K. Lukito, MCP membongkar bahwa hal ini benar-benar disengaja. Pihaknya mengungkapkan ada 6.000 link penjual obat mematikan tersebut

News | 10:42 WIB

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengangkat kisah Bima, sosok lakon pewayangan Dewa Ruci dalam Peringatan Hari Guru Nasional ke 77, Jumat (25/11/2022)

News | 10:26 WIB

Kemenangan Braszil atas lawannya Serbia harus dibayar mahal. Sebab, pemain andalannya Neymar harus ditandu keluar lapangan dan kini menjalani perawatan.

News | 10:19 WIB

Putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) Kaesang Pangarep akan segera melepas masa lajangnya. Ia akan menikahi perempuan asal Yogyakarta Erina Gudono.

News | 08:18 WIB

Proses hukum kasus pencabulan terhadap 23 siswi oleh guru agama di Kabupaten Batang terus berlanjut. Tersangka akan segera diadili di pengadilan

News | 07:13 WIB

Wakil Ketua DPR RI Taufik Kurniawan meninggal dunia di Semarang, Jawa Tengah, pada Kamis sore (25/11/2022)

News | 07:01 WIB
Tampilkan lebih banyak