Di Solo, Warga Sulap Becak Menjadi Bilik Suara

Chandra Iswinarno
Di Solo, Warga Sulap Becak Menjadi Bilik Suara
Dekorasi TPS 10 Gilingan Dusun Candirejo Lor Kota Solo Jawa Tengah menggunakan becak sebagai bilik suara. [Suara.com/Muhamad Alfi Makhsun]

Daryanto, yang juga Ketua KPPS TPS 10 Gilingan, mengatakan inovasi ini baru kali pertama dilakukan pada Pemilu.

Suara.com - Untuk memompa semangat agar masyarakat menggunakan hak pilih dalam Pemilu 2019, Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Dusun Candirejo Lor Kota Solo melakukan inovasi di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 10 Gilingan.

Inovasi tersebut dilakukan dengan menghias TPS 10 Gilingan menggunakan 14 becak milik Ketua RT 01 RW 05, Daryanto. Becak yang setiap harinya disewakan Daryanto tersebut, disulap menjadi bilik suara dan 'singgasana' petugas KPPS, sehari sebelum waktu pencoblosan, Selasa (16/4/2019).

Daryanto, yang juga Ketua KPPS TPS 10 Gilingan, mengatakan inovasi ini baru kali pertama dilakukan pada Pemilu.

"Mumpung persewaan becak libur dua hari saat Pemilu dan sehari setelahnya, saya manfaatkan beberapa becak saya untuk menghiasi TPS. Belum waktunya pemilihan, ternyata menarik minat warga. Banyak yang tadi menengok TPS dan bahkan mengambil foto dan video. Semoga saat pemilihan banyak warga yang menggunakan hak pilihnya dengan adanya inovasi ini," kata Daryanto saat ditemui Suara.com di rumahnya, Selasa (16/4/2019) malam.

Dia mengaku memiliki 50 becak. Rencananya, Daryanto ingin menggunakan semuanya, tapi karena keterbatasan lahan, akhirnya memaksimalkan beberapa becak yang dimiliki.

"Becak ini belum untuk menjemput para pemilih. Rencananya hanya dipajang untuk bilik suara dan tempat duduk petugas KPPS. Masyarakat nanti datang sendiri-sendiri seperti biasa dan duduk di bangku panjang yang kami sediakan. Kenapa tidak pakai kursi biasa? Kami ingin warga yang datang duduk nyaman, senyaman di warung hik (angkringan solo)," tutur Daryanto.

Total pemilih yang akan menggunakan hak suara di TPS 10 Gilingan ini ada sebanyak 213 pemilih. Secara rinci, jumlah tersebut terdiri dari 105 pemilih pria dan 108 pemilih wanita.

"Sejak tanggal 14 April undangan sudah disebar. Kotak suara juga sudah datang dan siap untuk hari H. Kami juga kemungkinan ketambahan satu pemilih pindahan yang menggunakan formulir A5. Awalnya tiga, tapi yang dua sampai saat ini belum mengabari lagi. Meski tidak mungkin 100 persen warga menggunakan hak pilih karena ada yang pergi ke luar daerah, saya optimistis di TPS nanti akan ramai yang datang," bebernya.

Kontributor : Muhamad Alfi Makhsun

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS