Kirab 1001 Tumpeng, Warga Solo Rayakan Syukuran Kemenangan Jokowi

Chandra Iswinarno
Kirab 1001 Tumpeng, Warga Solo Rayakan Syukuran Kemenangan Jokowi
Ribuan peserta mengikuti kirab tumpeng bertajuk Umbul Donga sebagai bentuk syukuran atas kemenangan Capres Jokowi dalam Pilpres 2019. [Suara.com/Ari Purnomo]

Ada lebih dari 2.500 warga yang terlibat. Mereka juga datang dari berbagai kelompok, agama yang ada di Solo.

Suara.com - Kemenangan Capres - Cawapres Nomor Urut 01 Joko Widodo (Jokowi) - Maruf Amin dalam Pilpres 2019 memberikan kebahagiaan bagi para pendukungnya, terutama di Wilayah Solo, Jawa Tengah. Sebagai rasa syukur atas kemenangan tersebut, Warga Solo pun mengadakan kirab 1001 tumpeng pada Kamis (23/5/2019) sore.

Tidak hanya itu, kegiatan yang bertajuk Umbul Donga ini juga dilanjutkan dengan kembul bujono atau makan bersama. Kirab 1001 tumpeng ini diadakan kompleks Balai Kota Solo. Ada lebih dari 2.500 warga yang terlibat. Mereka juga datang dari berbagai kelompok, agama yang ada di Solo.

Kemeriahan kirab tumpeng ini sudah terlihat sejak siang hari. Ribuan peserta sudah mulai bersiap untuk mengikuti kirab tumpeng. Mereka membawa tumpeng yang berisi nasi, telur, sayur di atas sebuah nampan yang terbuat dari bambu. Tidak lupa, nasi yang dibentuk kerucut juga ditancapkan bendera merah putih kecil.

Agenda kirab tersebut diikuti berbagai kelompok masyarakat dan dihadiri Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo, Wakil Wali Kota Solo, Achmad Purnomo, anggota DPRD, santri, seniman, tokoh masyarakat, budayawan dan juga dari masyarakat Solo lainnya.

Mereka hadir dengan mengenakan berbagai kostum. Ini untuk menghadirkan keragaman budaya yang ada. Sebelum kirab diberangkatkan, semua peserta sudah siap dengan tumpengnya.

Saat kirab pun dimulai, pada barisan terdepan ada sejumlah pasukan yang mengenakan seragam pasukan khas Keraton. Kemudian ada patung burung Garuda. Diikuti oleh barisan Wali Kota dan Forkompimda.

Sebelum masuk ke Pendapi Gede, arak-arakan terlebih dahulu melintas di depan Balai Kota. Kemudian baru masuk ke Pendapi Gede.

Selanjutnya, tumpeng diletakkan berjejer di depan para tokoh. Sajian tarian pun membuka acara Umbul Donga. Setelah sajian tarian rampung dilanjutkan dengan doa dan kembul bujono.

Penasihat kegiatan, Husein Syifa menjelaskan, bawah kirab 1001 tumpeng ini dalam rangka sebagai wujud syukur atas terselenggaranya Pemilu dengan damai, aman dan lancar. Dan syukuran atas kemenangan Jokowi.

"Ini sebagai wujud syukur, Pemilu sudah berjalan dengan baik, lancar, aman, dan damai. Dan pak Jokowi bisa kembali memimpin Indonesia," terangnya disela kirab. Tidak lupa, Husein juga turut mendoakan bagi para petugas PPS yang meninggal dunia selama penyelenggaraan Pemilu.

Dalam kesempatan yang sama, Wali Kota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo mengatakan, makna dari 1001 tumpeng adalah banyaknya rakyat Indonesia. Dan dengan kemenangan ini, Rudy berharap, Jokowi mampu melayani seluruh masyarakat Indonesia.

"Harapannya agar Pak Jokowi bisa memimpin dengan adil dan tidak pernah membedakan suku, agama, dan sebagainya. Bisa melayani seluruh rakyat Indonesia," ucapnya.

Kontributor : Ari Purnomo

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS