Jelang Arus Mudik, Dishub Solo Pasang Ratusan RPPJ

Chandra Iswinarno
Jelang Arus Mudik, Dishub Solo Pasang Ratusan RPPJ
Petugas Dishub Solo melakukan pemasangan RPPJ. [Suara.com/Ari Purnomo]

Keberadaan penunjuk arah tersebut, diharapkan para pemudik yang melintas di Kota Solo tidak tersesat atau kebingungan.

Suara.com - Jelang arus mudik, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Solo, Jawa Tengah memasang ratusan rambu pendahulu penunjuk jurusan (RPPJ) di sejumlah titik persimpangan kota tersebut.

Ketua Angkutan Lebaran 2019 Dishub Solo Taufiq Muhammad mengatakan sedikitnya ada 130 RPPJ yang dipasang. Diantaranya di Pajang, Laweyan, Simpang Faroka dan beberapa titik lainnya.

"Tujuan pemasangan ini agar memudahkan para pemudik saat melintasi Solo. Selain itu juga untuk mengurai kepadatan kendaraan," terangnya disela pemasangan RPPJ, Selasa (21/5/2019).

Dengan adanya penunjuk arah tersebut, diharapkan para pemudik yang melintas di Kota Solo tidak tersesat atau kebingungan. Mengingat, RPPJ sudah menunjukkan arah yang jelas yang bisa dilalui pemudik sesuai dengan arah tujuan masing-masing.

RPPJ ini dipasang di batas-batas kota, baik yang ada di wilayah barat, utara, timur maupun selatan. Sehingga, pemudik yang dari luar Solo bisa menggunakan RPPJ sebagai panduan berkendara.

"Yang dari arah barat bisa mengikuti rambu itu, begitu pula yang dari arah timur, Jatim dan lainnya juga bisa mengikuti petunjuk arah. Dengan begitu, volume kendaraan di dalam kota bisa diurai," pungkasnya.

Sebelumnya, Dishub Kota Solo memperkirakan jumlah kendaraan yang akan melintas di Solo saat arus mudik mencapai tujuh juta kendaraan. Jumlah ini jauh lebih banyak dibandingkan hari-hari biasa yang hanya berkisar di angka 1,5 juta sampai 2 juta.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS