Arus Balik, Pertamina Tambah Pasokan BBM 247 Persen di Tol Trans Jawa

Reky Kalumata
Arus Balik, Pertamina Tambah Pasokan BBM 247 Persen di Tol Trans Jawa
Sejumlah pemudik melewati ruas tol Ngemplak, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. (Suara.com/ Ari Purnomo)

Terjadi peningkatan yang cukup signifikan untuk konsumsi BBM di seluruh SPBU di tol trans Jawa, Jawa Tengah

Suara.com - PT Pertamina (Persero) menambah pasokan BBM saat arus balik di tol trans Jawa. Penambahan ini menyusul adanya peningkatan konsumsi BBM yang mencapai 208 persen. Penambahan stok BBM yang dipersiapkan mencapai 247 persen atau sebesar 700 kiloliter dari rata-rata normal.

General Manager Pertamina MOR IV Jateng-DIY, Iin Febrian, menjelaskan sesuai realisasi konsumsi saat arus mudik, terjadi peningkatan yang cukup signifikan untuk konsumsi BBM. Terutama jenis gasoline di seluruh SPBU di tol trans Jawa, Jawa Tengah.

"Pada puncak arus mudik yang terjadi pada H-3, terjadi peningkatan konsumsi BBM jenis gasoline (Pertalite & Pertamax Series) hingga 208% salah satunya di rest area KM. 379A, Batang," urai Iin, Jumat (7/6/2019).

Iin menambahkan, peningkatan terjadi di jalur mudik atau ruas A. Dengan peningkatan ini, pihaknya memprediksi saat arus balik peningkatan juga akan terjadi si ruas B.

"Kami perkirakan pemudik akan beristirahat dan mengisi BBM di SPBU regular Pertamina di KM 519B, 389B, 360B dan 260B. Selain itu kios Pertamina siaga yang terdapat di KM. 487B, 456B, 429B, 344B, 294B dan 282B," ucapnya.

Arus mudik diprediksi akan terjadi mulai Jumat (7/6/2019) hingga Senin(10/6/2019) mendatang.

Sementara, Unit Manager Communication & CSR PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region IV Jateng-DIY, Andar Titi Lestari, mengatakan bahwa skenario “one way” arus balik lebaran diharapkan bisa memecah konsentrasi pengisian BBM di tol Trans Jawa.

“Dengan skenario tersebut, diharapkan tidak akan terjadi antrean panjang pengisian BBM di tol Trans Jawa terutama di ruas balik atau ruas B. Selain itu, di rest area juga tidak menjadi padat," kata Andar.

Kontributor : Ari Purnomo

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS