Di Sekolah Ini, Calon Siswa Disuguhkan Jamuan Karya Seni

Chandra Iswinarno
Di Sekolah Ini, Calon Siswa Disuguhkan Jamuan Karya Seni
Calon siswa bersama orang tuanya melihat hasil lukisan karya pelajar SMP 5 Purwokerto yang mengikuti ekstrakurikuler melukis. [Suara.com/Teguh Lumbiria]

Pameran ini menjadi khas, lantaran karya seni rupa tersebut merupakan hasil dari ekspresi siswa yang tergabung dalam ekstrakurikuler lukis.

Suara.com - Masing-masing sekolah memiliki kebijakan tersendiri dalam menyambut kedatangan tamu, seperti halnya bagi calon siswa baru.

Hal tersebut terlihat di SMP Negeri 5 Purwokerto, Jawa Tengah yang menyambut kedatangan calon anak didik mereka dengan pameran karya seni rupa. Wujudnya berupa desain gambar poster beraneka tema, mulai dari lingkungan hidup, kerohanian, sampai gambar motif desain batik dengan motif Banyumasan.

Karya lukisan beragam tema dan aliran juga turut dipamerkan pada sekolah yang berada Jalan Prof Moch Yamin Purwokerto tersebut.

Pameran ini menjadi khas, lantaran karya seni rupa tersebut merupakan hasil dari ekspresi siswa yang masuk ekstrakurikuler lukis. Mereka memanfaatkan kertas gambar berukuran A3 dan A4 dengan pewarna cat air, cat akrilik, spidol warna sampai krayon.

Kepala SMP Negeri 5 Purwokerto Sugeng Kahana mengatakan, pameran  sengaja disiapkan untuk menyambut kedatangan calon siswa baru. Bahwa dunia seni telah membudaya di sekolahnya, guna pembekalan bagi para siswa.

Beragam karya seni yang dipamerkan, juga banyak yang sudah menyabet juara lomba tingkat kabupaten sampai Provinsi Jateng, dalam event lomba seni tingkat SMP.

“Pameran akan digelar hingga seminggu ke depan. Saat ini calon siswa baru datang ke sekolah untuk membuat akun pendaftaran,” kata Sugeng Kahana, Sabtu (29/6/2019).

Karya seni tersebut diharapkan berguna sebagai sarana promosi, sekaligus pembangkit semangat calon siswa baru untuk berkarya.

“Karya anak-anak ini memang sudah bagus menurut ukuran siswa SMP, komposisi warnanya berani, bentuk obyeknya berkreasi, ada natural, ekspresif, dekoratif juga naif sesuai gaya seusianya,” kata dia.

Kontributor : Teguh Lumbiria

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS