Bakar Sampah di Lereng, Hutan di Gunung Belik Lesung Terbakar

Chandra Iswinarno
Bakar Sampah di Lereng, Hutan di Gunung Belik Lesung Terbakar
Kondisi hutan di Gunung Belik Lesung, Desa Karangasem, Bulu, Sukoharjo, yang terbakar, Jumat (5/7 - 2019). [Solo Pos/Istimewa]

Kebakaran tersebut terjadi karena ulah warga yang membakar sampah di lereng gunung.

Suara.com - Hutan yang berada di Gunung Belik Lesung Desa Karangasem Kecamatan Bulu Kabupaten Sukoharjo Jawa Tengah hangsu terbakar pada Jumat (5/7/2019). Kebakaran hutan tersebut diduga karena ulah warga yang membakar sampah di lereng gunung.

Kebakaran hutan tersebut terjadi sekira Pukul 08.00 WIB. Dari informasi yang dihimpun Solopos.com - jaringan Suara.com, kebakaran tersebut terjadi karena ulah warga yang membakar sampah di lereng gunung.

Kencangnya embusan angin ternyata membuat api semakin membesar dan sulit dijinakan, lantaran kobaran terus merembet. Usaha pemadaman yang dilakukan warga pun dilakukan secara manual.

Selain upaya tersebut, warga juga melaporkan kebakaran hutan ke pemerintah desa dan langsung ditindaklanjuti ke kecamatan dan pemadam kebakaran setempat.

Kepala Bidang (Kabid) Pemadam Kebakaran Satpol PP Margono mengatakan api bisa dipadamkan satu jam setelah beberapa unit Pemadam Kebakaran Kabupaten diturunkan ke lokasi.

Lebih lanjut, ia mengimbau kepada masyarakat supaya tidak membakar sampah sembarangan. Pembakaran sampah daun di area lahan kosong ketika tidak dilokalisasi akan sangat berbahaya.

"Kami tidak melarang. Tapi tolong apabila membakar daun ditunggu sampai api padam sehingga tidak merembet ke wilayah yang dimungkinkan memiliki potensi kebakaran yang lebih tinggi," imbaunya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS