196 Orang Keracunan di Banyumas, Diduga Usai Makan Tumpeng Acara 7 Bulanan

Dwi Bowo Raharjo
196 Orang Keracunan di Banyumas, Diduga Usai Makan Tumpeng Acara 7 Bulanan
Ilustrasi keracunan makanan. (Shutterstock)

Dinkes Banyumas telah mengambil sampel makanan tersebut.

SuaraJawaTengah.id - Ratusan warga diduga mengalami keracunan massal setelah memakan tumpeng acara tujuh bulanan salah seorang warga pada Jumat (7/2/2020). Kejadian itu terjadi di Desa Pengadegan, Kecamatan Wangon, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Kepala Bidang pengendalian dan pemberantasan penyakit (P2P), Dinas Kesehatan Kabupaten Banyumas, Dwi Mulyanto menjelaskan pihaknya telah mengambil sampel makanan untuk kemudian di periksa agar mengetahui penyebab keracunan massal tersebut.

"Kami belum bisa memastikan penyebab keracunan tersebut dari apa. Tapi yang jelas begini, karena proses keracunan itu kan setelah makan, jadi kita ambil sisaan makanannya untuk di kirim ke Semarang," katanya saat di konfirmasi melalui sambungan telepon, Minggu (9/2/2020).

Menurut Dwi, gejala yang ditimbulkan dari keracunan tersebut hampir semuanya sama. Pihaknya pun sudah mendata jumlah warga yang terdampak keracunan.

"Gejalanya hampir semua sama, awalnya ada 20 orang menderita diare yang datang ke Puskesmas ada 7 orang kemudian langsung dirawat dan diinfus di Puskesmas Wangon 1," kata dia.

Berdasarkan data yang dihimpun dari Dinkes Kabupaten Banyumas, total warga yang mengalami keracunan ada 196 orang. Penderita keracunan rawat jalan ada 160 orang. Rinciannya, di Polindes 90 orang, klinik swasta 14 orang dan Puskesmas Wangon 56 orang.

Lalu ada 36 orang menjalani perawatan inap di Puskesmas Wangon dan Puskesmas Jatilawang. Sedangkan 10 lainnya dirujuk ke Rumah Sakit Ajibarang dan Rumah Sakit An Nikmah.

Hingga saat ini Dinkes Kabupaten Banyumas memastikan sudah memulangkan beberapa warga yang kondisinya sudah membaik. Sedangkan penderita yang belum membaik masih menjalani perawatan.

Kontributor : Anang Firmansyah

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS