Viral Youtuber Nenek-nenek Mbah Minto di Klaten, Begini Kisahnya

Pebriansyah Ariefana
Viral Youtuber Nenek-nenek Mbah Minto di Klaten, Begini Kisahnya
Mbah Minto (Solopos)

Mbah Minto yang berasal dari Bayat, Klaten, mendadak jadi artis baru di media sosial.

SuaraJawaTengah.id - Mbah Minto mendadak terkenal karena pesan ke anaknya untuk tidak mudik, cukup uangnya saja yang mudik ke Klaten, Jawa Tengah.

Mbah Minto yang berasal dari Bayat, Klaten, mendadak jadi artis baru di media sosial. Hal ini terjadi lantaran Mbah Minto yang hidup sendirian muncul di video parodi gagal mudik yang diperankannya.

Video viral gagal mudik yang dibintangi Mbah Minto itu diunggah di channel Youtube milik Ucup. Dalam video itu dia berakting mengobrol dengan anaknya lewat ponsel sambil memasak.

Mbah Minto Klaten melarang anaknya mudik di tengah krisis pandemi corona. Dia meminta anaknya tetap berada di perantauan dan tidak mudik dengan catatan tetap mengirimkan uang ke kampung.

Sejak saat itulah nama Mbah Minto Klaten viral di media sosial. Akting wanita tua asal Selorejo RT005/RW 017, Krakitan, Bayat, Klaten, itu sukses mengocok perut warganet.

Meski demikian Mbah Minto Klaten justru mengaku tidak tahu jika vlog yang dibintanginya viral. Dia mengaku hanya diminta menirukan gerakan atau kata-kata yang dibuat Ucup.

“Kula niku mboten ngertos yen viral ten medsos [saya nggak tahu kalau viral di medsos]. Jarene tekan ngendi-ngendi [katanya sampai ke mana-mana], Jakarta, Lampung. Niku [pembuatan video] saking Mas Ucup [Mbah Minto hanya menirukan gerakan atau kata-kata yang sudah diminta Ucup di waktu sebelumnya],” kata Mbah Minto, saat ditemui di rumahnya.

Rupanya, ini bukan kali pertama Mbah Minto diajak membuat vlog oleh youtuber Ucup yang bernama asli Muhammad Sofyan itu. Keduanya ternyata bertetangga dan tinggal sekampung meski berlainan RT.

Awalnya Ucup memberikan uang Rp 20.000 kepada Mbah Minto Klaten sebagai bayaran per konten video yang dibuat bersama. Seiring ramainya vlog Mbah Minto garapan Ucup, dia pun memberikan uang lebih yakni Rp 200.000 - Rp 300.000 per konten.

Ucup mengaku vlog yang dibintangi Mbah Minto membuat jumlah followers di Instagram dan subscriber di Youtube miliknya bertambah.

“Akun IG saya sebenarnya sudah 36 K followers. Saat ini, booming [setelah video dengn Mbah Minto viral]. Di waktu sebelumnya, subscriber saya sudah 105 K. Sekarang, semakin naik lagi. Video itu bisa viral karena temanya tentang musim corona yang meresahkan para pemudik [Ucup mulai menekuni pembuatan video sejak 1,5 tahun lalu]. Di waktu sebelumnya, saya juga sudah give away untuk folowers saya [pencapaian 100 K subscriber],” katanya kepada Solopos.com, Kamis (30/4/2020).

Vlog yang dibintangi Mbah Minto Klaten sering viral di kalangan komunitas pencinta dagelan Jokow. Bahkan, akting Mbah Minto pernah dipuji maestro campursari Didi Kempot.

“Pas saya bertemu dengan Pakde Didi Kempot, yang bersangkutan bilang simbah keren, gokil, dan salut. Pakde sempat tanya ke saya, apakah simbah itu mantan teater. Saya jawab bukan. Di kesempatan itu, saya juga dikasih wejangan oleh pak dhe agar terus meningkatkan karyanya,” sambung Ucup. (Solopos)

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS