alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Sushi Jadi Makanan Elit Karena Gempa, Ketahui Fakta Unik Sushi Lainnya!

Risna Halidi Rabu, 09 Desember 2020 | 15:47 WIB

Sushi Jadi Makanan Elit Karena Gempa, Ketahui Fakta Unik Sushi Lainnya!
Ilustrasi Sushi (Envato elements by picturepartners)

Setelah gempa bumi Jepang 1923, sushi mulai disajikan di restoran. Apa penyebabnya?

SuaraJawaTengah.id - Saat ini sushi banyak digemari masyarakat Indonesia. Beragam macam toko baik kaki lima sampai bintang lima, biasa menjajakan makanan Jepang dan menyediakan menu tersebut. 

Selain harganya yang terjangkau, sushi juga dinilai dapat mengenyangkan perut dengan mudah karena mengandung nasi. Namun, tahukah kamu ada fakta unik mengenai sushi?

Dikutip dari Backpackingman, berikut 6 fakta sushi yang mungkin belum kamu ketahui:

1. Gempa Bumi Jepang tahun 1923 mengubah sushi
Pada awalnya sushi merupakan makanan atau jajanan pinggir jalan biasa. Namun, setelah gempa bumi Jepang 1923, sushi mulai disajikan di restoran seperti saat ini. Sushi berubah menjadi makanan restoran karena harga sewa pertokoan menjadi lebih murah sehingga pedagang sushi dapat menyewa tempat dan menjual sushi di toko (restoran).

Baca Juga: Lisa Blackpink Kegirangan Nyicip Nasi Goreng dan 4 Berita Lifestyle Lainnya

2. Tahun 1970 menjadi tahun lonjakan permintaan sushi
Pada 1970, terjadi perkembangan teknologi di Jepang. Kemajuan teknologi membuat pendingin dan sistem mengirim ikan yang segar berkembang, meningkatkan permintaan sushi. Toko yang menjual sushi mulai bermunculan hampir di seluruh Jepang. Selain itu, jaringan distributor juga membantu sushi berkembang ke seluruh dunia.

3. Sushi berasal dari Asia Tenggara
Meski sushi dikenal sebagai makanan yang berasal dari Jepang, tetapi dipercaya narezushi (salah satu jenis sushi) berawal dari Asia Tenggara. Makanan tersebut dinilai berasal dari wilayah Sungai Mekong yang mengalir hingga ke China lalu ke Jepang

4. Los Angeles adalah negara bagian AS yang pertama mengenal sushi
Los Angeles menjadi negara bagian AS pertama yang memperkenalkan sushi ke budaya makanan Amerika Serikat.

Penghargaan diberikan kepada lelaki bernama Noritoshi Kanai dan mitra bisnisnya yang membuka restoran sushi di Little Tokyo pada tahun 1966. Hal ini diyakini sebagai tempat pertama yang diketahui menawarkan sushi nigiri tradisional kepada orang Amerika.

5. Pasta hijau yang sering kita lihat bukan wasabi
Saat menyantap sushi pasti akan terdapat pasta hijau di pinggir piring. Namun, siapa sangka kalau itu bukan wasabi asli.

Baca Juga: Cicipi Nasi Goreng, Lisa Blackpink Kegirangan Sampai Ngerap Begini

Pasta hijau itu merupakan lobak, tepung jagung, tepung mustard, dan pewarna hijau yang dibuat sedemikian rupa sehingga memiliki rasa yang mirip dengan wasabi asli. Wasabi asli harganya sangat mahal dan hanya disajikan pada restoran sushi kelas atas.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait