alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Wisata Guci Kabupaten Tegal Diterjang Tanah Longsor

Abdul Aziz Mahrizal Ramadan Sabtu, 13 Februari 2021 | 15:17 WIB

Wisata Guci Kabupaten Tegal Diterjang Tanah Longsor
Tebing yang longsor dan menimpa fasilitas salah satu hotel di kawasan obyek wisata Guci, Kabupaten Tegal, Sabtu (13/2/2021). [Suara.com/F Firdaus]

Akibatnya, kolam renang air panas dan sejumlah tempat duduk yang berada di lokasi tersebut porak-poranda dampak tanah longsor Kabupaten Tegal.

SuaraJawaTengah.id - Kawasan wisata Guci Kabupaten Tegal diterjang bencana tanah longsor, Sabtu (13/2/2021). Penyebab bencana alam itu akibat cuaca ekstrem beberapa hari terakhir ini.

Informasi yang dihimpun suara.com, ‎Longsor di kawasan Guci terjadi di kawasan bukit dengan tinggi sekitar 10 meter. Persisnya berada di Desa Rembul, Kecamatan Bojong. Material longsor menimpa fasilitas Hotel Duta Wisata yang berada di bawah tebing.


Akibatnya, kolam renang air panas dan sejumlah tempat duduk yang berada di lokasi tersebut porak-poranda serta dipenuhi tanah, kayu dan batu.


Meski demikian, kejadian tersebut tidak menimbulkan korban jiwa, lantaran kondisi kolam renang sedang sepi pengunjung tamu hotel. Lokasi tebing yang longsor juga berada cukup jauh dari kamar-kamar hotel.

Baca Juga: Anjing Pelacak Dikerahkan Cari Korban Tanah Longsor di Kebumen


Salah satu karyawan hotel, ‎Priatno Utomo mengatakan, longsor terjadi sekitar pukul 03.00 WIB setelah turun hujan lebat pada Jumat malam (12/2/2021).


‎"Saat itu sekuriti kami sedang patroli ke area kolam renang dan langsung memberi tahu ada longsor. Longsor langsung terjadi tiba-tiba setelah hujan berhenti," ujarnya, Sabtu (13/2/2021).


Priatno mengaku sempat mendengar suara seperti suara gemuruh sebelum longsor terjadi. Namun dia tak menduga jika terjadi tanah longsor.


"Longsor hanya menimpa area kolam renang. Jadi pengunjung hotel tidak sampai ada yang panik," ujar karyawan di bagian resepsionis itu.


‎Kepala UPTD Obyek Wisata Guci, Abdul Hasib mengatakan, longsor terjadi akibat cuaca ekstrem dalam beberapa hari terakhir.

Baca Juga: Kemensos Serahkan Santunan kepada Ahli Waris Korban Longsor di Kebumen


"Hujan tadi malam luar biasa sehingga mengakibatkan tanah longsor di beberapa titik di sekitar obyek wisata Guci," ujarnya, Sabtu (13/2/2121).

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait