alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Pandemi, Semen Gresik Sumbang Ratusan Kantong Darah untuk 3 Kabupaten

Budi Arista Romadhoni Kamis, 25 Februari 2021 | 09:10 WIB

Pandemi, Semen Gresik Sumbang Ratusan Kantong Darah untuk 3 Kabupaten
Petugas Kesehatan dari PMI Rembang mengecek kondisi calon pendonor yang merupakan karyawan dari PT Semen Gresik sebelum dinyatakan memenuhi persyaratan Selasa (23/2/2021). [Dok Humas Semen Gresik]

Pandemi tak menyurutkan Semen Gresik untuk melakukan kegiatan sosial, kali ini mereka menyumbangkan ratusan kantong darah beberapa daerah

SuaraJawaTengah.id - Semen Gresik kembali perkuat konsistensinya sebagai perusahaan dengan kepedulian sosial yang tinggi. Bersama PMI Kabupaten Rembang, SG melaksanakan donor darah di gedung Batu Kapur, PT Semen Gresik pada Selasa, (23/2/2021).

Kegiatan donor darah Semen Gresik rutin ini berhasil mengumpulkan lebih 108 kantong darah untuk membantu ketersediaan stok darah di Kabupaten Rembang, Blora, hingga Pati.

Bersama PMI Kabupaten Rembang, Semen Gresik secara konsisten mengadakan kegiatan donor darah setiap tiga bulan sekali sejak tahun 2017 dan terhitung sepanjang tahun 2020 lalu telah menyuplai sekitar 625 kantong darah.

Kepala Unit Komunikasi dan CSR, Dharma Sunyata mengatakan kegiatan donor darah ini menjadi wujud upaya SG dalam memperkuat rasa kepedulian sosial.

Baca Juga: Bantai Satu Keluarga Anom Subekti, Pembunuh Tenggak Racun Serangga

Dharma Sunyata melanjutkan, bahwa SG secara konsisten siap menjadi penyuplai kebutuhan stokdarah untuk masyarakat Kabupaten Rembang, khususnya di masa pandemi ini saat kebutuhan darah semakin meningkat.

“Kami melaksanakan donor darah dengan protokol kesehatan yang sangat ketat. Para calon pendonor sebelumnya dapat mengisi jadwal yang diinginkan melalui formonlineyang telah disediakan. Formulir digital tadi kemudian dapat dicetak secara mandiri dan kemudian bisa dibawa ke lokasi donor tanpa harus antri. Kami sangatconcern dalam menghindari adanya interaksi yang terlalu dekat dan menimbulkan kerumunan,” kata Dharma Sunyata.

Sejalan dengan itu, Ketua panitia pelaksana kegiatan donor darah tahun 2021, Made Mariyasa Robed, menjelaskan bahwa adanya penyesuaian teknis terkait kegiatan ini di tengah pandemi Covid-19 yang masih berlangsung.

Robed menyampaikan bahwa bagi tenaga kesehatan dari PMI Kabupaten Rembang wajib menyertakan surat telah divaksin sebelum masuk ke lingkungan pabrik. Dan bagi para calon pendonor wajib memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, serta melakukan cek suhu tubuh melalui para petugas.

Konsistensi SG dalam mengadakan kegiatan sosial donor darah ini mendapat apresiasi dari PMI Kabupaten Rembang. Ervin Nurcahyanti, Pencari Pelestari Donor Darah Sukarela (P2D2S) PMI Kabupaten Rembang menyampaikan apresiasi yang sangat luar biasa kepada SG yang telah rutin dan secara serius menerapkan protokol kesehatan selama kegiatan donor darah berlangsung.

Baca Juga: Tersangka Pembunuhan Keluarga Seniman Anom Subekti Minum Pestisida

“Kami dari PMI Kab. Rembang mengucapkan terima kasih atas kerjasamanya yang terjalin rutin tiga bulan sekali untuk kegiatan donor darah, karena dengan stok darah yang kita terima dari SG yang rata-rata lebih 100 kantong setiap kegiatan, sangat membantu sekali dalam stok kebutuhan darah kami,” Pungkas Ervin.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait