alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Sering Kebanjiran, Lapangan di Kota Semarang akan Dibangun Jadi Resapan Air

Budi Arista Romadhoni Kamis, 04 Maret 2021 | 10:14 WIB

Sering Kebanjiran, Lapangan di Kota Semarang akan Dibangun Jadi Resapan Air
Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi saat meninjau lapangan yang akan menjadi tempat resapan air. [Dok Humas Pemkot Semarang]

Lapangan atau ruang publik tempat olahraga di Kota Semarang akan menjadi tempat resapan air hujan

SuaraJawaTengah.id - Banjir di Kota Semarang memang menjadi masalah yang harus diselesaikan. Sebab, banjir seakan datang nyaris setiap hari. 

Di pesisir pantai Kota Semarang, banjar bahkan datang di jam-jam tertentu. Hal itu terjadi karena air laut yang pasang atau air rob.

Sedangkan daerah tengah dan perbukitan Kota Semarang banjir terjadi jika hujan tiba. Hal itu disebabkan kurangnya resapan air dan drainase yang tergantung dengan pompa air. 

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi menyebut terus melakukan upaya menangani banjir di kota lunpia itu. Terbaru, pihaknya akan memanfaatkan sejumlah lapangan sebagai resapan air hujan. 

Baca Juga: Stasiun Tawang Masih Terendam Banjir, Penumpang Dipindah ke Poncol

"Di Kota Semarang ini sudah ada beberapa embung, kolam retensi, ataupun waduk yang dibangun, namun harus terus ditingkatkan, salah satunya membangun sistem resapan pada lapangan - lapangan olah raga yang ada," kata Hendi dalam keterangan tertulis yang diterima SuaraJawaTengah.id Kamis (4/3/2021). 

Pria yang akrab disapa Hendi itu menyatakan, pembangunan sejumlah lapangan olah raga menjadi tempat resapan air itu akan diupayakan dimulai pada tahun ini.

Selain itu, agar pembangunan tersebut juga dapat berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat, Hendi juga meminta agar jajarannya mengakomodir masukan warga yang menginginkan adanya shelter UMKM.

"Pusat kegiatan masyarakat memang memiliki potensi ekonomi yang dapat dimanfaatkan, kalau ada usulan dari masyarakat seperti itu tentu saja justru positif, nanti kami sinergikan," tegas Hendi.

Sementara itu, Kepala Dinas Tata Ruang Kota Semarang, Irwansyah optimis dapat merealisasikan target tersebut. Pembangunan lapangan olahraga menjadi resapan air akan segera dimulai.

Baca Juga: Hujan Lebat, Stasiun Tawang Semarang Kembali Terendam Banjir

"Rencana proses pembangunan akan dimulai bulan April mendatang dengan diawali penyusunan DED, kami berharap prosesnya lancar, dan pembangunan dapat terselesaikan pada akhir tahun 2021 sebagaimana ditargetkan Pak Wali," terang Irwansyah.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait