alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Takut, Tetangga TKI Brebes yang Terpapar Virus B117 Kabur Saat akan Diswab

Budi Arista Romadhoni Jum'at, 05 Maret 2021 | 16:34 WIB

Takut, Tetangga TKI Brebes yang Terpapar Virus B117 Kabur Saat akan Diswab
Rumah A dan keluarganya di Desa Kubangjati, Kecamatan Ketanggungan, Kabupaten Brebes, Jumat (5/3/2021). A dan tujuh orang keluarganya masih menjalani isolasi mandiri untuk mengantisipasi penyebaran virus B117. [Suara.com/F Firdaus]

Tetangga TKI yang terpapar virus B117 itu non reaktif saat rapid test, namun kabur saat akan diswab

SuaraJawaTengah.id - ‎Belasan tetangga A, 46, TKI asal Desa Kubangjati, Kecamatan Ketanggungan, Kabupaten Brebes yang sempat terpapar Covid-19 varian baru dari Inggris atau virus B117 kabur saat hendak diswab, pada Jumat (5/3/2021).

Tetangga TKI yang terpapar virus B117 itu kabur karena takut jika mereka juga positif terinfeksi. 

Kepala Desa Kubangjati, Abdul Kodir mengatakan, tujuh tetangga A menjalani rapid test dan tes swab pada Jumat pagi. Tes dilakukan oleh petugas Puskesmas Ketanggungan untuk memastikan mereka terpapar virus B117 atau tidak. 

‎"Hasil rapid test-nya non reaktif semua. Kalau hasil swabnya masih nunggu," kata Kodir, Jumat (5/3/2021).

Baca Juga: Ini Sosok TKI Brebes Bawa Virus Corona B117 dari Arab Saudi

‎Menurut Kodir, mereka yang menjalani tes swab merupakan warga yang rumahnya berdekatan dengan A dan sempat melakukan kontak.

"Sebenarnya banyak yang akan diswab, cuma pada lari‎, namanya panik. Ahamdulillah ada tujuh orang yang mau. Yang rumahnya paling deket yang pada mau‎," ujar Kodir.

Adapun kondisi A, menurut Kodir tidak mengalami gejala dan menjalani isolasi mandiri di rumah bersama tujuh anggota keluarganya.

"Jadi kami dari desa kita tetap jaga. Pak RT dan Pak Kadus juga mengawasi," ujarnya.

Kepala Puskemas Ketanggungan ‎Susani Ali membenarkan banyaknya warga yang kabur saat akan di-rapid test dan dites swab untuk mengantisipasi penularan.

Baca Juga: Setelah Karawang, Virus Corona B117 Masuk Brebes, 8 Orang Diisolasi

‎"Targetnya yang akan diswab itu 26 orang tetangga-tetangganya, tapi yang mau tadi cuma tujuh orang. Yang lain pada kabur, tidak pada mau. Alasan tidak mau karena pada takut," ujar Susani saat dihubungi, Jumat (5/3/2021).

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait