alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Mudik Lebaran Dilarang, Polisi Jaga Ketat Jalur-jalur Tikus di Brebes

Budi Arista Romadhoni Jum'at, 09 April 2021 | 13:45 WIB

Mudik Lebaran Dilarang, Polisi Jaga Ketat Jalur-jalur Tikus di Brebes
Ilustrasi tak akan ada celah untuk mudik lebaran, Polisi akan jaga ketat jalur-jalur tikus di Brebes [Shutterstock]

Akses jalur mudik lebaran, Brebes yang merupakan pintu masuk ke Jawa Tengah dari Jakarta dan Jawa Barat

SuaraJawaTengah.id - Pemerintah resmi melarang mudik lebaran tahun ini. Seluruh jalur masuk ke Kabupaten Brebes yang merupakan pintu masuk ke Jawa Tengah dari Jakarta dan Jawa Barat akan dilakukan penyekatan, termasuk jalur-jalur tikus.

‎Kasatlantas Polres Brebes AKP Putri Noer Cholifah mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan langkah untuk mencegah masuknya pemudik nekat ke wilayah Jawa Tengah melalui Brebes.

‎"Nanti ada penyekatan di tol dan pantura. Di tol nanti di Exit Tol Pejagan, di pantura nanti di terminal Kecipir. Kami juga akan kerjasama dengan Polres Cirebon untuk penyekatan di wilayah Ciledug," kata Putri, Jumat (9/4/2021).

Menurut Putri, di titik-titik tersebut semua kendaraan dari luar daerah akan diperiksa penumpang dan barang bawaannya. Jika dipastikan mengangkut pemudik maka akan langsung diminta putar balik.

Baca Juga: Jaga Arus Mudik Lebaran, 166.734 Personel Termasuk Pramuka Bakal Dikerahkan

"Semua kendaraan, baik itu kendaraan pribadi, angkutan, maupun travel diputar balik, kecuali kalau warga lokal misal dari Brebes mau ke Tegal," tandasnya.

Putri mengatakan, penyekatan tidak hanya dilakukan ‎di jalur-jalur utama, tetapi juga di jalur-jalur tikus yang kerap dimanfaatkan untuk menghindari pemeriksaan petugas.

Hal ini juga untuk mengantisipasi adanya pemudik yang menggunakan jasa travel gelap atau tidak resmi dengan kendaraan berplat nomor lokal.

‎"‎Nanti di jalur-jalur desa atau jalur-jalur tikus juga dijaga petugas. Pintu-pintu masuk semuanya dijaga ketat. Walaupun pakai kendaraan plat nomor lokal, dari barang bawaannya nanti ketahuan kalau mau mudik," ujarnya.

‎Putri menyebut penyekatan tersebut akan mulai dilakukan secara serentak mulai 6 Mei hingga 17 Mei 2021. 

Baca Juga: Pemkab Bekasi Siapkan Enam Titik Penyekatan Mudik Lebaran 2021

"Penyekatan mulai kita lakukan bersamaan dengan dimulainya Operasi Ketupat Candi 2021," ujarnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait