alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Untuk Menjemput Malam Lailatul Qadar, Ini Amalan yang Harus Dilakukan

Budi Arista Romadhoni Minggu, 02 Mei 2021 | 19:00 WIB

Untuk Menjemput Malam Lailatul Qadar, Ini Amalan yang Harus Dilakukan
Ilustrasi berdoa menjemput malam lailatul qadar - (Pixabay/surgull01)

Malam lailatul qadar memiliki keistimewaan dan sering dijemput malam 1000 bulan

SuaraJawaTengah.id - Ramadhan sudah memasuki hari ke-20, dan tinggal menyisakan 10 hari lagi. Pada hari-hari akhir Ramadhan, umat muslim akan menjemput malam istimewa yang disebut Lailatul Qadar. 

Malam Lailatul Qadar nilainya lebih baik dari 1000 bulan. Amalan Malam Lailatul Qadar memiliki ganjaran pahala yang luar biasa.

Malam yang juga disebut dengan malam seribu bulan ini merupakan waktu yang mulia. Hiasi malam-malam khususnya 10 hari terakhir di bulan Ramadhan dengan lebih banyak amal dan ibadah agar mendapat pahala malam Lailatul Qadar ini.

Simak amalan malam Lailatul Qadar yang sayang untuk dilewatkan begitu saja.

Baca Juga: Konsumsi Kopi Saat Ramadhan Bisa Berpotensi Dehidrasi, Ini Penjelasannya

Dasar Hukum Malam Lailatul Qadar

Lailatul Qadar yakni malam yang penuh berkah dan kemuliaan. Seperti yang dijelaskan dalam Surah Al Alaq ayat 1-5 yang artinya:

“Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Alquran) pada malam qadar. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar.”

Amalan Malam Lailatul Qadar

1. Perbanyak Doa Malam Lailatul Qadar

Baca Juga: Wagub DKI: Donor Darah di Bulan Suci Ramadhan Perbuatan Mulia

Salah satu amalan yang dikerjakan dalam malam penuh pengampunan dan rahmat ini adalah banyak berdoa. DIriwayatkan dari Aisyah, beliau bertanya kepada Nabi Muhammad SAW tentang bacaan doa malam Lailatul Qadar seperti apa yang hendaknya dibaca.

Di bulan Ramadhan penuh berkah ini, mari kita ringankan beban saudara sesama yang kesusahan. Berbagi sambil menambah amalan lewat sedekah makanan bersama Suara.com di laman Indonesia Dermawan. Untuk langsung meng-input jumlah sedekah silakan KLIK DI SINI!

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait