alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Meredupnya Bisnis Persewaan Buku di Kota Semarang, Ini Kisahnya

Budi Arista Romadhoni Selasa, 04 Mei 2021 | 16:25 WIB

Meredupnya Bisnis Persewaan Buku di Kota Semarang, Ini Kisahnya
Koleksi buku di kios bekas persewaan buku milik Wahyu [ayosemarang.com/Alfian/Pratiwi]

Bisnis persewaan buku mulai meredup seiring dengan perkembangan zaman

SuaraJawaTengah.id - Bisnis penyewaan buku bisa dikatakan mulai meredup seiring dengan berkembangnya zaman yang serba digital. Perubahan gaya hidup dan minat membaca menjadi alasan yang tak bisa dihindari. 

Sama halnya di Kota Semarang. Bisnis persewaan buku membuat Wahyu Roso, 39, mulai menjual koleksi bukunya beberapa tahun terakhir ini.

Padahal, koleksi buku di kios di persewaan buku miliknya sudah mencapai kurang lebih 8.000 pieces dari berbagai tema, mulai dari novel, majalah, hingga buku komik.

Dilansir dari Ayosemarang.com, Wahyu mengatakan, dirinya terpaksa menjual buku koleksinya lantaran tempat persewaan buku yang saat ini sudah tidak diminati masyarakat di Semarang. 

Baca Juga: Jadwal Buka Puasa Kota Semarang dan Sekitarnya, Jumat 30 April 2021

Meski demikian, banyak kenangan di buku koleksinya. Mengingat bagi anak 90-an, persewaan buku menjadi tempat favorit sebagai hiburan.

Bisnis persewaan buku yang ia kelola dulunya adalah warisan dari sang ayah. Yang mana, 10 tahun yang lalu, persewaan buku tersebut dikelola langsung oleh ayahnya sendiri. 

"Persewaan buku di sini sudah tidak aktif lagi sejak 4 tahun lalu mas.  Karena kalah saingan sama yang di internet," ujarnya Selasa (4/5/2021).

Bisnis penyewaan buku, Wahyu bercerita, 10 tahun lalu banyak dicari khususnya anak muda yang mencari novel dan komik manga bergenre action.

Syarat menyewa buku pun cukup simpel, penyewa meninggalkan KTP atau uang jaminan bagi yang belum memiliki KTP. Harga sewa buku mulai dari Rp 1000 per buku hingga sampai Rp 5 ribu setiap harinya.

Baca Juga: Kisah Warsinah: Mengais Rezeki dari Balik Jeruji Saat Ramadhan

Wahyu mengaku, bisnis persewaan buku pernah tenar di masanya. Banyak peminat dan hilir mudik menyewa dan mengembalikan buku merupakan semangat tersendiri bagi dirinya dalam mempertahankan dan menambah koleksi buku di kios persewaan bukunya. 

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait