facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Kembali ke Pondok, Satu Santri di Kendal Dinyatakan Positif Covid-19

Budi Arista Romadhoni Minggu, 23 Mei 2021 | 20:45 WIB

Kembali ke Pondok, Satu Santri di Kendal Dinyatakan Positif Covid-19
Ilustrasi Santri pulang ke Pondok Pesantren di Kendal dinyatakan Positif Covid-19. (Shutterstock)

Satu santri yang hendak kembali ke pondok pesantren di Kendal terkonfirmasipositif covid-19

SuaraJawaTengah.id - Para santri mulai kembali ke pondok pesantren usai menjalani libur lebaran di kampung halaman. Meski dilarang, para santri di Kabupaten Kendal tetap ada yang melakukan mudik lebaran. 

Di Kendal, rapid tes antigen yang dilaksanakan selama dua hari, satu santri yang hendak kembali ke pondok pesantren di Kendal terkonfirmasi  positif covid-19

Dilansir dari Ayosemarang.com, Dinas Kesehatan Kendal sudah melakukan rapid antigen kepada 360 santri, dan rencananya akan menyasar 1.000 santri lagi. 

Tes swab antigen kepada santri yang hendak kembali ke pondok pesantren di sejumlah daerah ini, dilakuan untuk mengetahui kesehatan santri sebelum kembali ke pondok untuk belajar.

Baca Juga: 2 Kali Positif Covid-19, Baim Wong Ungkap Kondisi Paula Verhoeven

Meski diketahui positif covid 19,  namun santri tersebut tetap akan diberangkatkan kembali ke pondok pesantren.

Kepala Dinkes Kendal Ferinando Rad Bonay mengatakan, bagi santri santri yang terpapar terpapar virus korona tetap akan diberangkatkan ke pondok pesantren tujuan dengan perlakuan yang lebih khusus.

“Mereka akan diberangkatkan menggunakan armada bus khusus agar tidak bercampur dengan santri lain. Sesampainya di pondok tujuan petugas akan menyampaikan kondisi santri kepada satgas covid-19 pondok  untuk melakukan isolasi santri tersebut. Selanjutnya kebutuhan santri selama menjalani isolasi di dalam pondok  menjadi tanggungjawab pihak pengurus pondok pesantren,” jelasnya saat memantau pelaksanaan rapid tes antigen kepada santri Minggu 23 Mei 2021.

Selama dua hari pelaksanaan sudah 360 santri yang akan berangkat belajar ke dua pesantren di luar Kabupaten Kendal menjalani rapid test antigen gratis yang di fasilitasi oleh Pemerintah Kabupaten Kendal. Yakni Ponpes Modern Darussalam Gontor Jawa Timur dan Ponpes Lirboyo Kediri.

"Sebanyak 33 santri Ponpes Modern Darussalam Gontor di rapid test antigen, Sabtu 22 Mei  2021 dan hasilnya semua negatif Covid-19. Mereka dijadwalkan kembali ke pesantren, Senin 24 Mei  2021 dan harus kantongi surat tes Covid-19," imbuhnya.

Baca Juga: Puluhan Warga Positif Covid-19, Satu Kampung di Garut Lockdown

Ferinando mengungkapkan, bahwa rapid test antigen kepada ratusan santri yang akan berangkat ke pesantren Lirboyo Kediri ini pihak Dinkes menerjunkan 16 petugas kesehatan dari 4 puskesmas. Seperti halnya santri Gontor, ratusan santri Lirboyo, Kediri tersebut juga akan berangkat sesuai jadwalnya pada Senin depan.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait