alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Minta Kabupaten dan Kota Tingkatkan Testing, Ganjar: Jangan Takut Jadi Zona Merah

Budi Arista Romadhoni Kamis, 10 Juni 2021 | 13:02 WIB

Minta Kabupaten dan Kota Tingkatkan Testing, Ganjar: Jangan Takut Jadi Zona Merah
Gubernur Ganjar Pranowo melihat vaksinasi untuk lansia di Puskesmas Kaligangsa, Kota Tegal, Kamis (10/6/2021). [Dok Pemprov Jateng]

Tekan penularan Covid-19, Gubernur Ganjar minta pemerintah kabupaten dan kota untuk meningkatkan testing

SuaraJawaTengah.id - ‎Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta pemerintah kabupaten dan kota meningkatkan jumlah testing untuk mengetahui kondisi kasus Covid-19 yang sebenarnya di tiap daerah pasca Lebaran.

Menurut Ganjar, ‎pemerintah kabupaten dan kota tidak perlu takut jika daerahnya masuk zona merah Covid-19 usai dilakukan testing massif. 

"Testing dan tracing ini penting untuk kita lakukan supaya kita bisa melakukan mapping. Petanya seperti apa, persebarannya ada di mana, jumlahnya berapa. Pemkab atau pemkot tidak usah takut kalau setelah dites hasilnya tinggi, daerahnya merah, jangan takut‎," kata Ganjar saat meninjau vaksinasi lansia di Kantor Kelurahan Kaligangsa, Kecamatan Margadana, Kota Tegal, Kamis (10/7/2021).

Melalui testing dan tracing yang dilakukan, kata Ganjar, maka pemerintah kabupaten maupun kota akan mengetahui jika kondisi Covid-19 di daerah masing-masing memang serius jika memang kasusnya melonjak sehingga penangannya tidak salah.

Baca Juga: Pasien Covid-19 di Asrama Haji Donohudan Dijenguk Ganjar: Bosen Pak Makan Ayam Terus!

‎"Jadi kita minta testing tracing-nya ditambah. Berapa? sebanyak-banyaknya, di atas standar WHO," tandasnya.

Dalam kunjungannya, Ganjar memantau proses vaksinasi mulai dari antrean hingga tahap observasi usai penyuntikan serta menyempatkan untuk berdialog dengan sejumlah lansia yang akan disuntik.

Ganjar menilai ‎proses vaksinasi yang menempati halaman kantor kelurahan itu bagus untuk mempercepat vaksinasi, khususnya untuk lansia.

"Karena di banyak tempat sedang ada peningkatan. Ini bagian ikhtiar kita memberikan tambahan penguatan," ujarnya.

Ganjar meminta pemerintah kabupaten dan kota segera menghabiskan stok vaksin yang tersedia agar capaian vaksinasi bisa bertambah.

Baca Juga: Tambah 1.371 Pasien, Kasus Positif Covid-19 di Jakarta Capai 438.458 Orang

"Prioritaskan lansia atau yang komorbid. Mereka dikumpulkan langsung divaksin bisa dengan cara seperti ini, bisa mendekatkan ke puskesmas-puskesmas. dan khusus beberapa kabupaten kota zona merah untuk dikirim tambahan vaksin agar bisa melakukan percepatan," ujarnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait