alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Kudu Ngerti Lur! Ini Niat dan Tata Cara Mandi Sebelum Salat Jumat Menurut Buya Yahya

Ronald Seger Prabowo Jum'at, 03 September 2021 | 10:30 WIB

Kudu Ngerti Lur! Ini Niat dan Tata Cara Mandi Sebelum Salat Jumat Menurut Buya Yahya
Jamaah melaksanakan Salat Jumat di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, dengan penerapan protokol kesehatan (prokes) secara ketat, Jumat (20/8/2021). [Suara.com/Yaumal Asri Adi Hutasuhut]

Hukum salat Jumat bagi-bagi laki-laki yakni fardu 'ain yang artinya wajib atas setiap laki-laki dewasa yang beragama Islam dan merdeka.

SuaraJawaTengah.id - Hari Jumat merupakan hari istimewa bagi umat muslim laki-laki. Dimana mereka diwajibkan untuk melaksanakan ibadah salat Jumat di masjid.

Hukum salat Jumat bagi-bagi laki-laki yakni fardu 'ain yang artinya wajib atas setiap laki-laki dewasa yang beragama Islam dan merdeka.

Perempuan, anak-anak, hamba sahaya, dan seseorang yang sedang menempuh perjalanan jarak jauh tidak diwajibkan untuk salat Jumat.

Sebelum berpergian menuju masjid, ada beberapa sunnah yang harus dilakukan oleh kaum muslim. Diantaranya seperti mandi, berhias dan memakai pakaain yang baik, memakai wangi-wangian, memotong kuku, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Senang Bisa Jumatan di Istiqlal Meski Masih Pandemi, Jemaah: Ini Penantian Panjang

Berbicara mengenai salah satu sunnah salat Jumat yakni mandi. Ada beberapa hal-hal penting yang wajib diperhatikan kaum laki-laki. 

Merangkum informasi dari unggahan video di channel youtube Al-Bahjah TV. Menurut Pengasuh Pondok Pesantren Al-Bahjah Cirebon Buya Yahya menuturkan berdasarkan hadist Imam Abu Hurairah mandi sebelum salat Jumat itu sama seperti mandi wajib setelah junub.

"Beliau (Abu Hurairah) pernah mengatakan dalam hadistnya. Barang siapa yang melakukan mandi di hari Jumat dan cara mandinya seperti saat junub. Mengguyur sekujur tubuhnya, cuman bedanya ada diniatnya," ungkap Buya Yahya.

Lantas Buya Yahya menjelaskan mengenai dua perbedaan pendapat dari para ulama tentang persoalan apakah niat mandi sunnah salat Jumat dengan mandi wajib boleh digabung atau tidak. 

"Di dalam madzhab kita terdapat dua pendapat, ketika seorang laki-laki punya junub misalnya karena pada malam hari telah menggauli istrinya. Setelah itu dia mandi, dari madzhab Imam Syafi'i diperbolehkan menggabungkan mandi sunnah salat Jumat dengan mandi wajib," jelasnya. 

Baca Juga: Salat Jumat di Istiqlal Terapkan Prokes Ketat, Maruf Amin Datang Meninjau

Meski begitu, menurut Buya Yahya ada sebagian ulama lainnya yang tidak sependapat dengan Imam Syafi'i. Maka niat mandi sunnah salat Jumat dan mandi wajib harus dibedakan.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait