alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Menikmati Sensasi Keindahan Curug Pletuk di Banjarnegara, Wajib Kamu Coba!

Ronald Seger Prabowo Sabtu, 18 September 2021 | 12:51 WIB

Menikmati Sensasi Keindahan Curug Pletuk di Banjarnegara, Wajib Kamu Coba!
Wisata Curug Pletuk yang indah dan dilengkapi gazebo dan taman yang indah.[Suara.com/Citra Ningsih]

Wisata alam Curug Pletuk adalah wisata alam air terjun dengan ketinggian 120 meter yang terletak di desa Pesangkalan, Kecamatan Pagedongan, Banjarnegara.

SuaraJawaTengah.id - Penantian wisatawan kini telah usai ketika pemerintah mulai membuka tempat wisata setelah ditutup lantaran Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Jika anda berencana akan berlibur, objek wisata alam Curug Pletuk di Banjarnegara, bisa menjadi pilihan untuk mengisi akhir pekan bersama keluarga.

Wisata alam Curug Pletuk adalah wisata alam air terjun dengan ketinggian 120 meter yang terletak di desa Pesangkalan, Kecamatan Pagedongan, Banjarnegara.

Lokasi air terjun yang berada di tengah pepohonan rimbun, membuat sensasi kesejukan bisa langsung dirasakan.

Baca Juga: Seperti Diramalkan BMKG Kemarin, Hujan Es Terjadi Hari Ini di Banjarnegara

Keindahan panorama dominasi hijau semakin menyejukkan mata setiap wisatawan yang berkunjung. Cukup dengan Rp 10 ribu rupiah, wisatawan dapat menikmati semua fasilitas yang telah disediakan seperti toilet, cafetaria dan tempat ibadah.

Objek wisata curug pletuk menyediakan fasilitas tambahan seperti gazebo untuk pengunjung tanpa tambahan biaya. Deretan Gazebo kayu berbentuk segitiga menambah aksen estetik lokasi wisata curug pletuk.

Tidak hanya itu, pengelola wisata curug pletuk juga menyediakan fasilitas kolam renang untuk anak anak kedalaman 1 meter dan 40 sentimeter.

"Kalau mau bermain air yang anak anak bisa di kolam agar lebih aman dan nyaman, tapi tetap bisa menikmati keindahan alamnya," ujar Irfan Amirudin (25) pengelola Curug Pletuk, Sabtu (18/9/2021).

Jika lapar dan lupa membawa bekal, pengunjung tidak perlu khawatir karena terdapat cafetaria yang menyediakan menu tradisional dan aneka minuman yang dapat dipesan.

Baca Juga: Fenomena Hujan Es Terjadi di Banjarnegara, Ini Penjelasan BMKG

Untuk mencapai lokasi wisata curug pletuk, jarak yang harus ditempuh sekitar 14 kilometer dari pusat kota Banjarnegara.

Vaskin Dosis Pertama

Sementara akses jalan sudah aspal sampai lokasi wisata. "Meski di desa, akses sudah mudah, aspal halus dan mobil bisa sampai lokasi, kami ada area parkir luas,"jelas dia.

Dari area parkir, wisatawan diajak untuk menyusuri jalan sekitar 100 meter diiringi rimbunnya pepohonan dan taman bunga. Sebelum memasuki area wisata, wisatawan wajib melakukan cek suhu tubuh dan scan barcode untuk membuktikan sudah melakukan vaksin.

"Pengelola mewajibkan pengunjung minimal sudah vaksin dosis pertama, kami penyediakan barcode untuk di scan pengunjung melalui aplikasi pedulilindungi,"imbuh Amir.

Sementara untuk kapasitas, pengelola wisata membatasi 25 persen dari kapasitas pengunjung ketika normal. Namun hal itu tidak perlu dikhawatirkan, sebab lokasi wisata curug sangat luas sehingga masih menampung wisatawan dalam jumlah banyak.

Pengelola mengimbau kepada pengunjung untuk mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker, jaga jarak dan mencuci tangan. Selain itu, pihaknya juga meminta agar pengunjung tetap berhati hati ketika bermain air di air terjun karena aliran cukup deras.

"Bisa dan boleh untuk bermain air disana, tapi tetap harus hati hati karena airnya sangat deras, kami sarankan untuk orang dewasa yang sudah bisa berenang, kalau untuk anak anak bisa bermain di kolam renang tanpa biaya tambahan,"ujar Amir.

Salah satu wisatawan curug Pletuk, Septi Anjar (26) mengaku dirinya sudah menunggu momen objek wisata buka karena ingin berlibur. Dirinya memilih wisata alam curug untuk melepas penat setelah dua bulan hanya bekerja dan di rumah.

"Sudah dua bulan nggak kemana mana, keluar paling kerja. udah pengen banget main kesini yang seger seger dan nggak bising biar setresnya hilang,"kata dia ketika sedang duduk menikmati pemandangan curug di gazebo bersama anak dan ibunya.

Operasional lokasi wisata curug pletuk ketika hari senin sampai jumat dibuka dari jam 8.00 WIB hingga jam 16.00 WIB. Sedangkan pada akhir pekan atau hari libur nasional, curug pletuk buka mulai jam 8.00 WIB sampai jam 17.00 WIB.

Kontributor : Citra Ningsih

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait